get app
inews
Aa Read Next : Karhutla di Palembang Semakin Ganas, Penderita ISPA Melonjak

Inovasi Prototipe Beta Kursi Roda untuk Dukung Kemandirian Penyandang Disabilitas

Senin, 14 Agustus 2023 | 15:27 WIB
header img
Tim Universitas Pancasila yang berhasil menciptakan inovasi berupa purwarupa atau prototipe beta kursi roda bagi penyandang disabilitas. Foto: Ist

JAKARTA, iNewsDepok.id - Perguruan tinggi sebagai lembaga pengembang ilmu pengetahuan dan teknologi diharuskan melakukan riset-riset yang inovatif dan relevan dengan kebutuhan masyarakat. Penelitian yang dikembangkan oleh insan perguruan tinggi harus memberi solusi bagi permasalahan yang ada di masyarakat. 

Demikian pula dengan riset yang dilakukan oleh tim Universitas Pancasila yang berhasil menciptakan inovasi berupa purwarupa atau prototipe beta kursi roda bagi penyandang disabilitas khususnya cerebral palsy.

Inovasi ini menjadi jawaban dari persoalan yang dihadapi para penyandang disabilitas akan kehadiran kursi roda dengan tingkat keamanan dan kenyamanan yang tinggi. 

Dwi Rahmalina selaku Ketua Tim Matching Fund Universitas Pancasila menjelaskan kursi roda manual yang saat ini ada di pasaran belum dilengkapi dengan teknologi asistif, sehingga inovasi ini menjadi solusi untuk menghadirkan kursi roda yang ringan dapat terpenuhi.

Lebih lanjut, Dwi menerangkan keistimewaan prototipe beta kursi roda ini bisa digerakkan dengan menggunakan pedal sehingga dapat dengan mudah digunakan sebagai mobilitas sehari-hari.

Kursi roda ini juga dilengkapi dengan sandaran kepala dan sandaran kaki yang mampu disesuaikan demi meningkatkan kenyamanan pengguna.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut