get app
inews
Aa Read Next : Mirip Tiktok, YouTube Music Hadirkan Samples untuk Jelajahi Musik Baru

Cegah Spam Tak Terkendali, YouTube Nonaktifkan Link di Shorts

Minggu, 13 Agustus 2023 | 07:01 WIB
header img
YouTube akan memperkenalkan cara baru yang akan menggantikan link atau tautan bagi kreator di Shorts. Foto: YouTube

DEPOK, iNewsDepok.id - YouTube membuat perubahan untuk mengatasi masalah yang berkembang seputar spam pada platform video pendek Shorts. Mereka mengatakan, link atau tautan yang muncul pada kolom komentar, deskripsi, dan feed live vertikal pada Shorts tak akan bisa lagi diklik mulai 31 Agustus 2023.

Dikutip dari TechCrunch pada Jumat (11/8/2023), YouTube menjelaskan, kebijakan baru itu dimaksudkan sebagai tindakan pencegahan yang mempersulit scammer dan spammer untuk menyesatkan dan menipu pengguna dengan tautan yang dibagikan.

YouTube juga akan mengapus ikon media sosial yang dapat diklik dari banner kanal pada desktop, sebab diklaim bisa menjadi tautan yang menyesatkan. Kreator akan menjadi pihak yang dirugikan dari perubahan ini, sebab tautan tersebut sangat penting bagi mereka untuk mengarahkan penonton ke akun di platform lain dan mencari keuntungan dari tautan untuk iklan dan konten afiliasi.

Platform video milik Google itu berencana untuk memberikan kreator ruang baru di profil kanal untuk meletakkan tautan yang dapat diklik ke situs web, situs dagangan, media sosial, dan tautan lain yang sesuai dengan Community Guidelines. Pembaruan ini akan mulai dirilis pada 23 Agustus 2023 dan dapat ditemukan di dekat tombol "Subscribe", baik untuk perangkat seluler maupun desktop.

Sebagai tambahan, kreator Shorts yang sering menggunakan tautan untuk mengarahkan penonton ke video panjangnya masih dapat melakukannya dalam waktu dekat. Menjelang akhir September 2023, YouTube mengatakan, mereka akan memperkenalkan sebuah cara yang baru dan lebih aman bagi kreator untuk mendorong penonton dari Shorts ke konten YouTube mereka.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut