get app
inews
Aa Read Next : PBNU Lantik Pengurus NU Depok 2024-2029: Diminta Jaga Agama, Negara, dan Umat

Tunjukkan Orang Stroke Bisa Sembuh, Komar Jalan Kaki 403 Km dari Yogya ke Bandung Rayakan HUT RI

Sabtu, 05 Agustus 2023 | 21:14 WIB
header img
Sembuh dari stroke, warga Bekasi Jawa Barat, Komaruddin Rachmat (69 tahun) senang bukan kepalang. Ia jalan kaki dari Yogya menuju Bandung sejauh 403 km. Tampak kanan, Ketum Yastroki dr Tugas Ratmono melepas long march Komar. Foto: Budi Tan

YOGYAKARTA, iNewsDepok.id – Sembuh dari stroke, warga Bekasi Jawa Barat, Komaruddin Rachmat (69 tahun) senang bukan kepalang. Sebagai rasa syukur ia melakukan long march jalan kaki dari Yogyakarta ke Bandung sepanjang 403 kilometer untuk merayakan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI ke-78.

Jalan kaki dari Yogyakarta ke Bandung ini sangat monumental karena Komar, sapaannya, menapaki jejak pasukan Divisi Siliwangi dalam Perang Kemerdekaan melawan Belanda tahun 1949. Saat itu Pasukan Divisi Siliwangi kembali ke Bandung dari Yogyakarta untuk melancarkan perang semesta.

Perjalanan long march Komar dari Yogyakarta ke Bandung dimulai hari ini, Sabtu (5/8/2023). Meski usianya sudah tergolong lanjut usia, 69 tahun, tak menghalangi niat Komar untuk merayakan kesembuhannya sekaligus merayakan  HUT Kemerdekaan RI dan long march pasukan Divisi Siliwangi.

”Ini untuk mengingatkan perjuangan para pahlawan dari Divisi Siliwangi dalam mempertahankan kemerdekaan, mereka dulu jalan kaki di tengah serangan pasukan Belanda untuk kembali ke Bandung dari Yogyakarta,” kata Komar.

Komar mengenakan pakaian merah dan dilapisi kain putih yang menggelantung di dadanya. Kain putih bertuliskan: Stroker Jalan Kaki Yogya-Bandung, 5-26 Agustus 2023, Dirgahayu RI-78.

Rute long march Komar mengikuti rute long march Divisi Siliwangi tahun 1949 dengan melintasi Yogyakarta, Kulonprogo, Purworejo, Kebumen, Banyumas, Cilacap, Kota Banjar, Ciamis, Tasikmalaya, Garut, dan finish di Bandung.

Perjalanan long march dimulai dari dari Sanggar Yastroki (Yayasan Stroke Indonesia) Yogyakarta yang berada di Embung Tambakboyo, Sleman, pukul 07.00 WIB. Pelepasan dipimpin Ketua Umum Yastroki Mayjen TNI (Purn) Dr dr Tugas Ratmono Sp.S, MARS, MH dan anggota pembina Yastroki Prof Dr dr  Teguh Ranakusuma yang didampingi ratusan stroker (penyintas stroke).

Komar juga menyatakan misinya dengan long march 403 km adalah untuk memberikan semangat bagi orang yang terserang stroke untuk sembuh. 

”Harus selalu semangat agar sembuh seperti saya,” kata Komar. 

Editor : M Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut