get app
inews
Aa Read Next : Audio TikTok Mendadak Hilang, Ini Penyebabnya

YouTube Uji Coba AI untuk Membuat Ringkasan Video

Rabu, 02 Agustus 2023 | 11:41 WIB
header img
YouTube sedang menguji coba AI yang dapat membuat ringkasan video secara otomatis. Foto: Shutterstock

JAKARTA, iNewsDepok.id - YouTube sedang menguji coba pembuatan ringkasan video secara otomatis menggunakan kecerdasan buatan (AI).

Berdasarkan pernyataan mereka dalam situs dukungan Google, ringkasan akan muncul dalam halaman tontonan dan pencarian YouTube, tetapi hanya tersedia untuk beberapa video dan pengguna berbahasa Inggris.

Menurut YouTube, fitur AI itu memberikan ringkasan singkat tentang video, membiarkan pengguna memutuskan apakah video tersebut cocok untuk ditonton. Tetapi, ringkasan tersebut tidak akan menggantikan deskripsi video yang telah ditulis oleh pembuat video.

Dikutip dari The Verge pada Rabu (2/8/2023), juru bicara Google Jen Jamie mengatakan pengujian untuk fitur baru tersebut memang sedang dilakukan sebelum nantinya diluncurkan secara resmi.

"Kami sedang menguji coba sebuah fitur baru bagi penonton yang menggunakan AI generatif untuk membuat ringkasan untuk video YouTube. Kami sering menguji fitur baru sebelum diluncurkan secara resmi agar kami dapat membangun dan menyempurnakan pengalaman terbaik bagi penonton dan kreator kami," tutur Jamie kepada The Verge.

Menurut Jamie, penonton YouTube mungkin melihat ringkasan secara otomatis tersebut ketika menonton vlog, video belanja, dan video tutorial berbahasa Inggris dalam perangkat seluler.

Untuk dapat mencoba fitur baru ini, pengguna dapat mendaftar untuk ikut dalam eksperimen YouTube di Youtube.com/new, tetapi pengguna harus memiliki akun YouTube Premium terlebih dahulu.

Hingga saat ini, masih terlalu cepat untuk mengatakan dampak fitur ringkasan AI terhadap kreator YouTube dan apakah akan membantu mereka menulis ringkasan video. Kreator tentunya dipaksa untuk membuat struktur video yang lebih baik agar dapat dimengerti oleh AI dan dapat masuk ke dalam algoritma YouTube lebih mudah.

Editor : M Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut