get app
inews
Aa Read Next : AXA Financial Indonesia Memperkenalkan Asuransi Kesehatan Baru yang Lebih Fleksibel

Inflasi Medis Meningkat Empat Kali Lipat dari Inflasi Ekonomi, Pentingnya Miliki Asuransi Kesehatan

Rabu, 26 Juli 2023 | 15:27 WIB
header img
Ki-ka: Budi Tampubolon, Karin Zulkarnaen (Moderator), Hermawan Saputra, dr. Andri Saputro, dan Fauzi Arfan. Foto: Dok. AAJI

JAKARTA, iNewsDepok.id  – Data yang dihimpun Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) menunjukkan bahwa minat masyarakat mengikuti industri asuransi jiwa semakin meningkat.

Tercermin dari konsistensi peningkatan total tertanggung, baik individu maupun kumpulan, dimana menurut Ketua Bidang Produk, Manajemen Risiko, dan GCG (Regulasi didalamnya) AAJI, Fauzi Arfan, sampai dengan Maret 2023 ada lebih dari 12 juta penambahan pada total tertanggung dimana total saat ini terdapat 87,54 juta orang yang menjadi tertanggung industri asuransi jiwa.

“Sampai dengan akhir kuartal I 2023, industri asuransi jiwa telah melindungi 29,74 juta tertanggung perorangan dan 57,80 juta tertanggung kumpulan. Jika dibandingkan dengan pencapaian pada kuartal I 2022, secara keseluruhan terdapat lebih dari 12 juta penambahan tertanggung, atau meningkat sebesar 16,6%. Tentunya penambahan ini bukan angka yang sedikit,” terang Fauzi.

Adanya peningkatan minat masyarakat terhadap produk-produk asuransi jiwa khususnya pada produk asuransi jiwa tradisional, juga memberikan dampak pada peningkatan pertanggungan asuransi kesehatan. Namun demikian, peningkatan aktivitas masyarakat untuk memperoleh perawatan medis juga meningkatkan angka klaim untuk asuransi kesehatan.

“Dilihat dari perolehan premi, produk yang memiliki pertanggungan asuransi kesehatan tercatat meningkat. Sampai dengan Maret 2023, pendapatan premi untuk asuransi kesehatan berjumlah Rp 5,28 triliun meningkat 22% jika dibandingkan dengan periode tahun 2022. Sementara untuk klaim asuransi kesehatan, sampai Maret 2023 mencapai Rp 4,6 triliun dengan peningkatan mencapai lebih dari 38%. Pertumbuhan angka klaim yang lebih cepat ketimbang angka preminya menjadikan rasio premi dengan klaim untuk produk asuransi kesehatan menjadi menurun,” tambah Fauzi.

Meningkatnya nilai klaim untuk jenis pertanggungan asuransi kesehatan diperkirakan dipengaruhi oleh beberapa hal diantaranya proyeksi inflasi medis sekitar 13,6% di tahun 2023, perkembangan teknologi medis yang terbaru, dan tren masyarakat yang memulai kembali perawatan kesehatan yang mungkin sempat tertunda di masa pandemi.

Editor : M Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut