get app
inews
Aa Read Next : Pemkot Depok Didesak DPRD Percepat Tangani Sampah

Usai Viral soal Tumpukan Sampah, Kapolres Depok Turun Tangan ke TPA Cipayung

Kamis, 13 Juli 2023 | 16:53 WIB
header img
Kapolres Metro Depok tinjau TPA Cipayung. Foto: ist

DEPOK,iNewsDepok.id- Jajaran Polres Metro Depok bersama Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok melakukan kegiatan bersih-bersih. Kegiatan digelar di tiga titik yaitu TPA Cipayung, Pasar Cisalak dan Jalan Margonda. Pembersihan dilakukan untuk mengatasi persoalan sampah yang viral beberapa hari ini di Depok.

Kapolres Metro Depok Kombes Pol Ahmad Fuady mengatakan, sampah menjadi permasalahan sosial di Kota Depok. Oleh karenanya pihaknya langsung turun tangan ke lokasi untuk melakukan pembersihan.

“Kita lihat beberapa waktu lalu ada viral tentang penanganan sampah, kita langsung lihat kondisinya di TPA Cipayung ini. Memang kondisinya sudah sangat overload sehingga untuk menangani permasalahan sampah yang ada di Kota Depok ini memang perlu waktu,” katanya, Kamis (13/7/2023).

Kapolres juga sempat melihat antrean panjang truk sampah yang hendak masuk ke TPA. Menurutnya itu perlu waktu agar bisa terselesaikan.

“Mungkin kita lihat antrean kendaraan untuk membuang dan sampah itu dikelola dengan baik itu butuh waktu, karena dari mulai masuk kendaraan sampah sampai TPA Cipayung butuh waktu kurang lebih sekitar 10 jam atau lebih dari 8 jam. Dan ini perlu menjadi penanganan dari kita,” ujarnya.

Pihaknya langsung turun ke lokasi untuk melihat akar masalah yang terjadi. Pihaknya meminta agar warga bekerjasama untuk tidak membuang sampah sembarangan

“Intinya kami dari Polres Metro Depok mendukung terhadap upaya aksi kebersihan yang kita laksanakan hari ini. Mudah-mudahan kedepan akan terus kita laksanakan dalam rangka mewujudkan Kota Depok yang bersih, terbebas dari sampah,” harapnya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok, Abdul Rahman menuturkan, pihaknya mengapresiasi langkah Polres Metro Depok. Dengan melihat langsung ke lokas maka kepolisian bisa mengetahui akar permasalahan yang terjadi.

“Ini merupakan satu mementum bahwa kolaborasi antara Polri dalam hal ini programnya bersih-bersih dan langsing ditindaklanjuti oleh Polres metro depok dengan melakukan aksi bersih-bersih di beberapa titik. Hari ini Pak Kapolres berkenan juga mengunjungi TPA Cipayung, sehingga akar permasalahan di masyarakat yang terjadi adanya perlambatan pengangkutan sampah dapat melihat secara langsung,” katanya.

Pihaknya berharap kerja sama warga juga terwujud misalnya dengan melakukan pemilahan sampah di tingkat keluarga. Sehingga sampah yang dibuang ke TPA tidak terlalu banyak.

“Saya berharap masyarakat Kota Depok minimal mampu melakukan pemilahan sampah di lingkungan masing-masing, karena Kota Depok sudah mempunyai unit pengolahan sampah yang tersebar di Kota Depok, untuk mengolah sampah organik, bukan anorganik,” pungkasnya.

Editor : Rinna Ratna Purnama

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut