get app
inews
Aa Read Next : Buah Perjuangan Panjang! Geopark Kebumen Akhirnya Diakui UNESCO Global Geopark

Cukup Bayar Seikhlasnya, Ini Cara Pantai Kembar Terpadu di Kebumen Tarik Wisatawan

Senin, 10 Juli 2023 | 14:52 WIB
header img
Para wisatawan menikmati suasana sore di Pantai Kembar Terpadu. Foto: iNews Depok/Tama

KEBUMEN, iNewsDepok.id - Wisata murah selalu menjadi daya tarik tersendiri di seluruh lapisan masyarakat, selain bisa menghemat biaya, penat pun bisa hilang setelah berekreasi. Objek wisata murah kali ada di Pantai Kembar Terpadu, yang berada di Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, yang tidak mematok tarif kepada pengunjung yang datang.

Objek wisata pantai yang berada di Desa Tambakmulyo, Kecamatan Puring, Kab. Kebumen ini cukup menarik untuk dikunjungi bagi wisatawan yang kebetulan berada di wilayah Kebumen. Pengunjung yang datang hanya cukup membayar seikhlasnya untuk berwisata di tempat ini.

Tim iNews Depok, mencoba menyambangi pantai yang tidak hanya menjual keindahan pemandangan laut, tetapi juga ada edukasi yang ditawarkan.

Untuk mencapai lokasi, para pengunjung hanya bisa memanfaatkan kendaraan pribadi baik itu roda dua atau empat.

Setibanya di gerbang masuk area tempat wisata, kita akan disambut rimbunan nyiur pohon kelapa dan gerbang bertuliskan 'Pantai Kembar Terpadu'. Selanjutnya kita akan disambut warga lokal yang bertugas mengatur parkir kendaraan.

Uniknya, pengunjung tidak dipatok tarif parkir dan tiket masuk area wisata pantai. Pihak pengelola hanya menyediakan kotak yang mirip dengan kotak amal, yang mana pengunjung hanya membayar seikhlasnya.

Salah satu petugas parkir, Banjir mengaku, tempat wisata ini memang tidak mematok tarif, sekalipun untuk tarif parkir. Meskipun tidak ada tarif yang ditentukan, para petugas sangat bertanggung jawab menjaga kendaraan yang diparkir di area wisata tersebut.

"Kami selalu mengingatkan pengunjung untuk tidak meninggalkan barang berharga di atas kendaraan khususnya sepeda motor. Bahkan dulu pernah ada, helm pengunjung hilang, kamu ganti dengan harga sepantasnya, meskipun parkir di pantai ini tidak mematok tarif," kata Banjir, kepada iNews Depok, Minggu (9/7/2023).

Banjir mengaku, jika libur akhir pekan, Pantai Kembar Terpadu dikunjungi sekitar lebih dari 100 pengunjung. Menurutnya, banyak masyarakat sekitar Kebumen yang datang lantaran objek wisata pantai ini tidak mematok tarif masuk.

Banjir menambahkan, alasan pantai ini tidak memberlakukan tarif karena pihak pengelola tidak ingin membebani masyarakat, khususnya ekonomi menengah ke bawah untuk berekreasi menikmati keindahan alam pantai.


Para pengunjung cukup membayar uang parkir dan biaya masuk objek wisata Pantai Kembar Terpadu seikhlasnya. Foto: iNews Depok/Tama

"Di sini kita tidak mematok tarif masuk, pengunjung hanya bayar seikhlasnya. Kasihan mas, kalau orang ingin berwisata sudah dipatok tarif mahal. Jadi kami hanya menyediakan kotak untuk warga membayar, tidak bawa uang pun juga warga dipersilakan masuk," imbuhnya.

Sementara itu, Sekretaris Pengelola Pantai Kembar Terpadu, Kuat Novi menjelaskan, pihaknya ingin seluruh lapisan masyarakat bisa berwisata menikmati keindahan alam tanpa beban. Pihak pengelola tempat wisata juga menyediakan fasilitas umum seperti toilet, musala, kantong parkir dan fasilitas penunjang lainnya, yang semua cukup membayar seikhlasnya.

"Setiap orang kan bisa menikmati (alam) dan memanfaatkannya secara bijak, jadi pengelola memberikan fasilitas penunjang, silakan bisa dimanfaatkan. Jadi pengunjung silakan bayar seikhlasnya saja. Bahkan, ibarat pengunjung datang tidak mampu, cukup doakan saja agar tempat wisata ini tetap eksis," kata Kuat.

Bicara fasilitas, Pantai Kembar Terpadu ini cukup lengkap. Selain fasilitas penunjang yang sudah disebutkan tadi, di objek wisata ini terdapat sarana rekreasi seperti kolam pemandian, tempat istirahat, gazebo, dan tempat konservasi penyu.

Bukan hanya sekadar sarana rekreasi, objek wisata ini juga menawarkan wisata edukasi tentang penyu.


Wisatawan berswafoto di lokasi objek wisata. Foto: iNews Depok/Tama

Bergeser ke tepi pantai, pengunjung juga dimanjakan dengan fasilitas seperti ayunan, dan tempat penyewaan kendaraan segala medan atau ATV.

Kuliner yang dijual di objek wisata ini juga cukup menggugah selera, mulai dari lontong pecel, lotek (sejenis gado-gado), tempe mendoan dan beragam makanan khas pesisir Kebumen, yang pastinya harganya terjangkau di kantong para traveler.

Salah satu wisatawan mengaku puas mengunjungi objek wisata ini, selain bisa mengusir penat dengan menikmati wisata pantai yang tergolong cukup bersih, pengunjung bisa menikmati wisata tanpa harus menguras banyak biaya.

"Di sini enak, kita bisa menikmati suasana pantai yang indah. Apalagi biaya masuk dan kuliner di sini murah," kata Welly, salah satu pengunjung yang tengah menikmati sunset di Pantai Kembar Terpadu.

Di bagian garis bibir pantai, paling indah kita bisa menyaksikan Pegunungan Karst Gombong Selatan, dalam bingkai suasana senja.


Wisatawan menikmati suasana sore di Pantai Kembar Terpadu. Foto: iNews Depok/Tama

Editor : M Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut