get app
inews
Aa Read Next : Kisah Mualaf, Dulu General Manager Gaji Rp100 Juta Demi Iman Islam Rela Jualan Es Cincau di Sukabumi

Fenomena Kristen-Muhammadiyah, PP Muhammadiyah: Ini Bukan Penggabungan Akidah!

Selasa, 30 Mei 2023 | 20:21 WIB
header img
Sekolah legendaris SD Muhammadiyah di Belitung, yang kisahnya diangkat di film 'Laskar Pelangi'. Foto: MNC Portal Indonesia

KEBUMEN, iNewsDepok.id - Fenomena Kristen dan Muhammadiyah atau KrisMuha akhir-akhir ini menjadi pembicaraan banyak kalangan. Banyak yang beranggapan KrisMuha merupakan dua keyakinan yang menjadi satu, padahal hal itu sama sekali tidak benar.

Sekretaris Umum Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah, Abdul Mu’ti menanggapi ramainya perbincangan tentang istilah Kristen Muhammadiyah. Ia menegaskan bahwa KrisMuha merupakan varian sosiologis, bukan teologis, yang lebih condong ke kehidupan toleransi kerukunan hidup sosial beragama.

Mu'ti menjelaskan, istilah ini merujuk pada kedekatan antara warga Kristen dengan gerakan Muhammadiyah, bukan penggabungan akidah Muhammadiyah dengan Kristen.

“Kristen Muhammadiyah merupakan varian sosiologis yang menggambarkan para pemeluk Agama Kristen/Katolik yang bersimpati dan memiliki kedekatan dengan Muhammadiyah,” ucap Mu’ti, dalam keterangan tertulisnya, seperti dikutip, Selasa (30/5/2023).

Mu’ti menjelaskan bahwa KrisMuha bukanlah anggota resmi Muhammadiyah. Mereka tetap berpegang teguh pada nilai-nilai dan keyakinan Kristen dan Islam.

Dengan demikian, varian KrisMuha sesungguhnya bukanlah penggabungan teologis antara Muhammadiyah dan Kristen, melainkan simpatisan Muhammadiyah yang beragama Kristen.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut