get app
inews
Aa Read Next : Prabowo Menerima Tawaran Cak imin Untuk Bekerja Sama Membangun Bangsa

5 Pahlawan Kota Depok Yang Namanya Diabadikan di Jalan Raya

Rabu, 10 Mei 2023 | 21:32 WIB
header img
Djoeanda Kartawidjaja adalah Perdana Menteri ke-10 di Indonesia. / Foto : Wikipedia.org

JAKARTA, iNewsDepok.id - Dibalik uniknya kota Depok, mulai dari sejarah, budaya, tradisi, kuliner, dan lainnya Depok memiliki sosok pahlawan yang banyak diabadikan menjadi nama jalan yang tersebar di Depok dan tidak asing lagi bagi warga Depok yang sering melewati untuk berangkat beraktifitas. 

  1. Tole Iskandar 

Tole Iskandar adalah tokoh pejuang yang lahir di kota Depok tepatnya di Gang Kembang, Kelurahan Ratu Jaya, Kecamatan Cipayung, Jawa Barat. Tole merupakan pemimpin kelompok 21. Kenapa dinamakan kelompok 21 karena jumlah pasukan yang dipimpin Tole berjumlah 21 orang.

Tole memimpin pertempuran di kota Depok sampai ke kota Bogor dan Sukabumi. Saat pertempuran, Tole gugur oleh sekutu pada usia 25 tahun di daerah Cikasintu, Sukabumi, Jawa Barat, pada 1947 bersama Batalion 8. Makam Tole Iskandar berada di Taman Makam Pahlawan Dreded, Kota Bogor.

 

  1. Margonda

Margonda adalah pendiri Angkatan Muda Republik Indonesia (AMRI) yang bermarkas di Jalan Merdeka, Bogor, Jawa Barat. Margonda wafat saat pasukannya menyerang tentara Inggris di Kalibata pada 16 November 1945 dan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Dreded, Bogor.

 

  1. Ir. H. Juanda

Seorang Perdana Menteri Indonesia ke-10 sekaligus yang terakhir dan setelah itu di Indonesia tidak mengenal sistem pemerintahan dengan Perdana Menteri.

5. Arif Rahman Hakim

Arif Rahman Hakim merupakan seorang mahasiswa Universitas Indonesia yang tewas ditembak saat berdemonstrasi pada 24 Februari 1966 dan diabadikan menjadi jalan-jalan di Indonesia termasuk Depok. 

  1. Muchtar Raya

Nama Muchtar Raya muncul bersamaan dengan Tole Iskandar saat terjadinya peristiwa perlawanan yang mempertahankan tanah Depok dari tentara NICA Belanda.


 

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut