get app
inews
Aa Read Next : Aktivis Cilik Indonesia Gemparkan Konferensi Lingkungan di Kanada

Depok Kota Petir Terganas di Dunia, Ini Penyebabnya

Rabu, 10 Mei 2023 | 10:51 WIB
header img
Ilustrasi Petir Menyambar di Kota Depok. / Foto : Unsplash.com

JAKARTA, iNewsDepok.id - Kota Depok kini memiliki -predikat dengan kota dengan petir paling ganas di dunia. Hal ini sudah tercatat di Guinness Book of World Record saking dahsyatnya petir di Depok.

Prof. Dr. Ir. Dipl. Ing. Reynaldo Zoro yang seorang peneliti petir dari Institut Teknologi Bandung melakukan penelitian menggunakan teknologi pengukur petir bernama Lighting Posistion and Tracking System (LPATS) dan penelitian ini dimulai April 2002. 

Dari hasil penelitian Zoro, terdapat arus negatif di Depok dan memiliki kekuatan sekitar 379,2 KA (Kilo Ampere) serta petir positifnya berkekuatan sekitar 441,1 KA. kekuatan itu dapat menghancurkan bangunan yang terbuat dari beton.

Selama tahun 2001, Depok mengalami 340 kali sambaran positif dan 82.250 kali sambaran negatif. Sambaran sebanyak itu diduga karena kandungan besi tanah di Depok cukup tinggi.

Munculnya petir juga didukung oleh meteorologis di Indonesia yang cukup tinggi tiap tahunnya. Petir biasanya dihasilkan jika ketiga faktor terpenuhi yaitu pertama ada partikel bebas (aerosol), punya kelembaban, serta udara naik.

Nah tiga syarat ini bisa dipenuhi dengan baik oleh negara kita. Depok khususnya Sawangan dan Cinere adalah daerah strategis munculnya petir karena kedua daerah tersebut terpengaruh oleh angin dari lembah, darat, serta laut.

Maka dari itu, jika terjadi hujan lebat beserta petir lebih baik warga Depok berteduh terlebih dahulu agar tidak tersambar petir yang ganas.

 

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut