get app
inews
Aa Read Next : Inilah 5 Keutamaan Tadarus Alquran Saat Ramadhan, Salah Satunya Pahala Berlipat Ganda

Identik dengan Musim Nikah, Inilah 2 Keutamaan Menikah di Bulan Syawal

Jum'at, 28 April 2023 | 09:27 WIB
header img
Sedikitnya ada 2 keutamaan menikah di bulan Syawal yang perlu diketahui umat Islam. Foto ilustrasi: Freepik/freepic.diller

DEPOK, iNewsDepok.id - Sedikitnya ada 2 keutamaan menikah di bulan Syawal yang perlu diketahui umat Islam. Setelah Hari Raya Idul Fitri atau di bulan Syawal banyak umat Islam yang melangsungkan pernikahan, karena itu Syawal identik dengan musim nikah.

Bulan Syawal, tak hanya menjadi bulan untuk merajut silaturahmi dan kembali ke fitrah, tetapi juga bulan yang baik untuk menikah. Bahkan, mengikuti sunnah Rasulullah SAW.

Menikah merupakan salah satu ibadah bagi umat Islam. Bagi seorang muslim, pernikahan dianggap sebagai menyempurnakan separuh dari agamnya.

Dari Anas bin Malik, Nabi Muhammad SAW pernah bersabda: "Ketika seorang hamba menikah, berarti dia telah menyempurnakan setengah agamanya, maka bertakwalah kepada Allah pada setengah sisanya."

Lantas apa saja keutamaan menikah di bulan syawal? Berikut ini penjelasan mengenai 2 keutamaan menikah di bulan Syawal, seperti dirangkum pada Jumat (28/4/2023):

2 Keutamaan Menikah di Bulan Syawal

  1. Menepis anggapan buruk orang jahiliyah

Sebelum kedatangan risalah Nabi Muhammad SAW, bulan Syawal memiliki sejarah yang melahirkan berbagai pantangan, di antaranya adalah ketabuan melaksanakan pernikahan.

Dalam dalil Al-Falihil, Muhammad bin Allan Al-Shiddiqi menyebutkan nama Syawal diambil dari kata Sya-lat al-bil yang berarti seekor unta yang mengangkat ekornya.

Hal itu memunculkan anggapan yang membuat masyarakat jahiliyah khawatir untuk menikah di bulan Syawal. Mereka menyebut bahwa unta betina yang mengangkat ekornya adalah pertanda bahwa dia tidak mau untuk menikah.

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut