get app
inews
Aa Read Next : Video Dandim Depok Coba Mobil Listrik Di Sela-sela Cek Kesiagaan PLN UP3 Pasok Listik Selama Lebaran

Waspada! Ini 5 Penyakit yang Sering Dialami Pemudik, Simak Cara Mencegahnya

Selasa, 18 April 2023 | 12:18 WIB
header img
Patut diwaspadai, inilah 5 penyakit yang sering dialami pemudik saat menempuh perjalanan panjang menuju kampung halaman untuk berhari raya. Foto ilustrasi: Freepik

DEPOK, iNewsDepok.id - Patut diwaspadai, inilah 5 penyakit yang sering dialami pemudik saat menempuh perjalanan panjang menuju kampung halaman untuk berhari raya. Namun, penyakit ini juga bisa dicegah para pemudik dengan memperhatikan kesehatan.

Seringkali pemudik kurang memperhatikan kesehatan dalam perjalanan sehingga timbul penyakit. Menjaga kesehatan adalah hal utama agar tidak terjdi hal-hal yang tidak diinginkan saat hari keberangkatan menuju kampung halaman.

Untuk mencegahnya sebaiknya perhatikan waktu istirahat yang cukup, suplai tubuh dengan asupan yang bergizi, serta minum vitamin untuk daya tahan tubuh. Dengan demikian, selain dapat menjaga kesehatan tubuh juga bisa menghindari timbulnya penyakit yang kerap dialami pemudik saat mudik.

Lantas penyakit apa saja yang kerap dialami pemudik saat dalam perjalanan?

Inilah 5 penyakit yang sering dialami pemudik saat perjalanan menuju kampung halaman, seperti dirangkum dari berbagai sumber pada Selasa (18/4/2023):

5 Penyakit yang Sering Dialami Pemudik

  1. Flu

Flu juga termasuk penyakit yang sering dialami pemudik saat mudik. Kondisi ini juga dipengaruhi oleh daya tahan tubuh yang menurun selama perjalanan mudik, menyebabkan rentan terserang virus.

Tak hanya itu, seseorang mungkin saja berada di sekitar orang yang sedang flu selama perjalanan, sehingga bisa tertular.

  1. Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA)

Situasi saat mudik tak lepas dari asap kendaraan, debu, dan polusi bertebaran di mana-mana. Situasi ini dapat memicu seseorang mengalami infeksi saluran pernapasan atas (ISPA).

Apalagi jika seseorang  mudik dengan menggunakan sepeda motor, maka risikonya pun meningkat.

  1. Mabuk Perjalanan

Perjalanan mudik seringkali membuat energi terkuras dengan cepat. Hal ini dapat menjadi pemicu kelelahan hingga pegal-pegal.

Saat daya tahan tubuh menurun, tubuh akan lebih mudah mengalami mabuk perjalanan atau motion sickness. Gejalanya pusing, mual, dan muntah selama perjalanan.

Kondisi tersebut juga dapat dipengaruhi oleh sinyal yang dikirim ke otak oleh mata dan telinga bagian dalam. Saat berada di dalam kendaraan yang sedang melaju, tubuh berada dalam posisi diam di tempat.

  1. Gangguan Pencernaan

Orang yang sedang mudik juga seringkali alami masalah pencernaan lainnya seperti sembelit. Ini bisa terjadi akibat banyak hal, namun umumnya terlalu lama duduk.

Meski demikian, tak jarang pemudik juga membatasi asupan makan atau minum supaya tidak bolak-balik ke toilet. Akibatnya, mengalami sembelit dan mengeluhkan rasa tidak nyaman sepanjang perjalanan.

Untuk mengatasinya sebisa mungkin banyak minum air putih dan mengonsumsi makanan tinggi serat. Cara ini dapat membantu melunakkan feses yang mengeras akibat sembelit.

  1. Diare

Diare menjadi salah satu masalah kesehatan saat mudik yang kerap terjadi. Penyebabnya karena sembarangan membeli makanan saat di perjalanan.

Karena itu, sebelum membeli sebaiknya melihat situasi apakah makanan tersebut terjaga kebersihannya. Selain itu, bisa memilih membeli makanan di supermarket atau membawa dari rumah.

Itulah 5 penyakit yang sering dialami pemudik saat dalam perjalanan jauh menuju kampung halaman.

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut