get app
inews
Aa Read Next : Perburuan Pelaku Spanduk Fitnah Dimulai, Hamzah Dimintai Keterangan Polres Depok sebagai Korban

Awas Modus Penipuan Baru, Mengganti Barcode QRIS Kotak Amal Masjid

Senin, 10 April 2023 | 11:27 WIB
header img
Seorang pria tertangkap kamera CCTV saat mengganti stiker barcode QRIS kotak amal Masjid Nurul Iman lantai 7 Blok M Square Jakarta Selatan. Foto: Instagram @redasamudera.id.

DEPOK, iNewsDepok.id – Kemajuan teknologi selalu membawa dampak positif dan negatif pada berbagai aspek, salah satunya dalam hal penyaluran sedekah.

Termasuk dalam penerapan teknologi QRIS yang membuat banyak orang semakin mudah dalam melakukan transaksi tanpa menggunakan uang cash, termasuk dalam urusan bersedekah.

Dengan menggunakan QRIS masyarakat semakin mudah untuk mentransfer sejumlah uang sedekah ke rekening masjid secara online.

Namun sayangnya fasilitas tersebut disalahgunakan oleh oknum yang tak bertanggung jawab dengan mengganti barcode QRIS yang tertempel di kotak amal masjid.

Dengan cara tersebut uang sedekah masyarakat yang ditransfer lewat barcode QRIS tidak masuk ke rekening masjid, tapi masuk ke rekening pelaku.

Seperti pada video viral baru baru ini, yang menampakkan seorang pria tertangkap kamera CCTV sedang menempel stiker barcode QRIS palsu di kotak amal Masjid Nurul Iman lantai 7 Blok M Square Jakarta Selatan.

Pelaku yang berbadan tambun berkacamata dan mengenakan baju warna biru tersebut tidak hanya mengganti barcode QRIS pada satu kotak amal, tetapi juga pada kotak amal lain di dalam masjid.

Video viral yang saat ini sudah tersebar di berbagai media sosial ini, pertama kali dibagikan oleh akun Instagram @redasamudera.id pada Minggu (09/04/2023).

“Hati hati.. terutama para DKM Masjid.. telah terjadi modus penipuan mengganti barcode qris kotak amal masjid Nurul Iman Blok M Square Jakarta Selatan Lt 7,” tulis akun Instagram @redasamudera.id.

Pemilik akun juga menambahkan bahwa pelaku tidak hanya melakukan tindak kejahatannya di Masjid Nurul Iman Blok M Square, namun juga di Masjid Kalibata.

“dan juga pindah ke masjid kalibata menempelkan qris lagi,” lanjutnya.  

Warganet yang melihat unggahan video viral tersebut, langsung memberikan tanggapan di kolom komentar Instagram @redasamudera.id.

“Saya cek di QRIS ternyata seniat itu dia nama rekeningnya juga restorasi masjid tapi lokasi di medan. Tapi dia nyebar stiker di Jaksel..,” komentar warganet.

“Buat pelajaran kita bersama, mau nyumbang pake QRIS kudu cek2 dulu.. jangan asal transfer,” tulis warganet.

“Duit infaq masjid aja lu tilep, astaghfirullah udah sebejat apa hidup lu,” timpal warganet.

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut