Bank Jadi Motor Penggerak Transaksi Digital dan Inklusi Keuangan

JAKARTA, iNewsDepok.id – Sektor perbankan memainkan peran penting dalam mendukung program pemerintah untuk meningkatkan inklusi keuangan dan mempercepat transaksi digital di Indonesia.
Berdasarkan Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) OJK 2024, indeks inklusi keuangan Indonesia masih berada di angka 75,02 persen, di bawah target OJK sebesar 93 persen pada 2027. Sementara itu, data dari Bank Indonesia menunjukkan bahwa transaksi menggunakan QRIS mengalami pertumbuhan pesat hingga 226,54 persen (YoY) pada triwulan II-2024.
Sebagai lembaga keuangan yang berorientasi pada pelanggan (customer-centric), PT Bank Danamon Indonesia Tbk turut berkontribusi dalam percepatan transaksi digital dan peningkatan inklusi keuangan. Salah satu inisiatifnya adalah program Danamon Hadiah Beruntun (DHB) 2025), yang resmi dimulai pada 1 Februari 2025.
Andreas Kurniawan, Chief Digital Officer PT Bank Danamon Indonesia Tbk, mengungkapkan bahwa semakin banyak masyarakat, khususnya Gen Z dan Milenial, yang mengandalkan mobile banking untuk kebutuhan transaksi perbankan mereka.
"Kami melihat tren ini sebagai peluang untuk memperluas cakupan DHB 2025 guna menarik lebih banyak nasabah baru, serta meningkatkan partisipasi dan loyalitas mereka," ujar Andreas, Senin (17/2/2025).
Menurutnya, program seperti DHB mendorong masyarakat untuk lebih aktif menggunakan rekening tabungan dalam berbagai transaksi sehari-hari. Hal ini sejalan dengan upaya pemerintah dalam meningkatkan inklusi keuangan dan mempercepat transformasi digital di sektor perbankan.
Editor : Vitrianda Hilba SiregarEditor Jakarta