get app
inews
Aa Read Next : Karang Taruna dan Genre Kecamatan Bojongsari Kolaborasi Buka Bersama dan Berbagi Takjil kepada Warga

Fakta Menarik Puasa Ramadan di 5 Negara, di Mesir Siang Hari Sepi

Jum'at, 07 April 2023 | 12:53 WIB
header img
Ilustrasi keluarga Muslim sedang membaca doa sahur sebelum puasa Ramadan. Foto: Freepik

DEPOK, iNewsDepok.id - Puasa Ramadan merupakan ibadah wajib bagi umat Muslim di seluruh dunia. Selama bulan suci ini, umat Muslim diwajibkan untuk menahan diri dari makan, minum, dan aktivitas lainnya mulai dari terbit fajar hingga terbenam matahari.

Berikut ini fakta menarik mengenai puasa Ramadan di berbagai negara di dunia

1. Mesir
Mesir dikenal sebagai negara yang sangat memperhatikan bulan Ramadan. Selama bulan suci ini, Mesir menghentikan seluruh aktivitas siang hari, termasuk lalu lintas, dan perdagangan. Orang Mesir lebih memilih untuk beribadah di dalam rumah dan di masjid, sehingga menjadikan bulan suci ini sebagai bulan yang sangat tenang dan damai.


2. Indonesia
Sebagai jumlah umat Muslim terbesar di dunia, puasa Ramadan tidak hanya menjalankan ibadah puasa, masyarakat Indonesia juga menjalankan tradisi puasa yang sangat khas seperti sahur bersama, berbuka puasa dengan makanan khas, dan berkumpul di masjid untuk berdoa bersama.

3. Maroko
Di Maroko, masyarakat memanfaatkan waktu siang hari untuk beristirahat dan tidur, sementara aktivitas yang lebih penting dilakukan di malam hari. Bazaar makanan, kafe, dan masjid dibuka hingga larut malam, sehingga memberikan suasana yang sangat berbeda dibandingkan pada bulan-bulan lainnya.
 

4. Pakistan
Masyarakat Pakistan melakukan berbagai kegiatan seperti berbagi makanan dengan orang yang kurang mampu, menyumbangkan beras untuk pembagian makanan gratis, dan banyak lagi. Di Pakistan, bulan Ramadan menjadi waktu untuk mempererat tali persaudaraan dan memperkuat nilai-nilai kebersamaan.
 

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut