get app
inews
Aa Read Next : Sentuhan Nyata AXA, Mengubah Hidup Masyarakat Desa Kedung Dalem Melalui AFI Berbagi

Menguak Kota Tertua di Dunia yang Sudah Lama Tenggelam, Namanya Kota Pavlopetri di Yunani

Kamis, 09 Maret 2023 | 09:19 WIB
header img
Menguak kota tertua di dunia yang tenggelam, namanya Kota Pavlopetri di Yunani. Foto: Ancient Origins

DEPOK, iNewsDepok.id - Kota tertua di dunia sudah lama tenggelam, namanya adalah Kota Pavlopetri yang terletak di Yunani. Para ahli meyakini Kota Pavlopetri adalah kota kuno tertua di dunia yang tenggelam di laut.

Melansir IFL Science, pada Kamis (9/3/2023), Kota Pavlopetri terletak di wilayah Peloponnesus, Yunani Selatan, tak jauh dari Laconia Selatan. Konon kota ini diperkirakan berusia sekitar 5.000 tahun. 


Reruntuhan Kota Pavlopetri di Yunani, letaknya tidak jauh dari Vatika Bay di Selatan Yunani. Foto: Ancient Origins/World Monumen Fund

Adanya penemuan benda-benda seperti artefak, kapal tenggelam atau bahkan kota kuno di bawah laut memang menarik diulas. Pasalnya, di sana banyak misteri sains yang tersembunyi di bawah lautan dan belum terungkap.

Kota Pavlopetri sudah diidentifikasi oleh Folkion Negris, seorang ahli geologi, pada tahun 1994.

Sebelumnya, Kota Pavlopetri ini ditemukan kembali pada tahun 1967 oleh Nicholas Flemming dari Institut Oseanografi Universitas Southampton. Kota yang digambarkan sebagai kota yang ada di zaman perunggu, terendam sekitar 3-4 meter di bawah laut.

Pada tahun 1968, Flemming kembali ke situs bersama rekan-rekannya dari University of Cambridge untuk melakukan survei selama 6 minggu. Dalam survei ini, mereka menggunakan sistem grid dan pita tangan untuk memetakan batas area yang akan dijelajahi.

Dalam survei ini, ditemukan sejumlah fakta baru. Sedikitnya ada 15 bangunan yang terpisah, halaman, lima jalan, dua makam, dan sedikitnya 37 kuburan.

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut