get app
inews
Aa Read Next : Kementan Tantang 2.000 Mahasiswa Baru Unissula Menjadi Wirausaha Pertanian

Menguak Kota Tertua di Dunia yang Sudah Lama Tenggelam, Namanya Kota Pavlopetri di Yunani

Kamis, 09 Maret 2023 | 09:19 WIB
header img
Menguak kota tertua di dunia yang tenggelam, namanya Kota Pavlopetri di Yunani. Foto: Ancient Origins

Mereka juga menemukan bahwa kota bawah laut berlanjut ke arah selatan pulau Pavlopetri itu sendiri. Pada lokasi itu ditemukan sisa-sisa tembok dan bahan arkeologi lainnya.


Kota tertua di dunia, Kota Pavlopetri di Yunani yang sudah tenggelam. Foto: Ancient Origins/Adobe Stock/NM Maverick

Selama penelitian, tim juga menemukan artefak dari dasar laut, tembikar, bilah yang terbuat dari obsidian rijang, dan patung perunggu kecil. Semua penemuan itu diyakini berasal dari 2800-1180 SM. 

Selanjutnya 40 tahun kemudian, pada 2009 tim peneliti gabungan dari Ephorate of Underwater Antiquites Kementerian Kebudayaan Hellenic dan University of Nottingham memulai proyek lima tahun ke kota tersebut. Mereka menggali lebih dalam wawasan tentang sejarah Pavlopetri melalui survei arkeologi digital bawah air.

Hasilnya, peneliti menemukan bangunan baru seluas 9.000 meter persegi, termasuk aula persegi panjang besar, dan struktur yang berjajar. Peneliti juga menemukan kuburan berlapis batu dan tembikar besar tempat mengawetkan mayat sebelum kremasi.

Ditemukan juga keramik baru yang ditemukan sekaligus memastikan bahwa kota tersebut telah dihuni selama Zaman Perunggu dari sekitar 3.000 SM hingga 1100 SM. Namun, hingga kini penyebab tenggelamnya kota ini masih belum diketahui dan diduga karena gempa bumi antara 1000 SM atau 375 Masehi.

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut