get app
inews
Aa Read Next : Indonesia - Singapura Mulai Berlakukan Perjanjian Ekstradisi

Leg II Semifinal Piala AFF, PREV: Singapura Vs Indonesia

Sabtu, 25 Desember 2021 | 11:52 WIB
header img
Duel Singapura vs Timnas Indonesia di leg pertama semifinal Piala AFF 2020 di National Stadium, Kallang, Rabu (22/12/2021) malam WIB. Foto: AP

SINGAPURA, iNews.id - Timnas Indonesia dan Singapura akan kembali bertemu pada leg kedua semifinal Piala AFF 2021 di Singapore National Stadium, Sabtu (25/12/2021), dan keduanya diprediksi bakal tampil habis-habisan agar lolos ke babak final.

Bermain imbang 1-1 pada leg pertama dan tak adanya aturan gol tandang membuat situasi yang harus dihadapi Singapura sama saja dengan Indonesia. Hanya saja, karena berlaga di rumah sendiri, Singapura dapat diuntungkan oleh membludaknya supporter.

Jika pun hingga babak perpanjangan waktu berakhir kedua tim tetap bermain imbang, maka adu penalti menjadi penentu.

Pelatih Singapura, Tatsuma Yoshida, telah mengatakan bahwa ia tak mau laga ini diakhiri dengan adu tos-tosan, sehingga dia mempersiapkan timnya sedemikian rupa agar dapat menumbangkan Indonesia. Jika mungkin tanpa tambahan waktu.

Meski demikian, ia juga mengakui kalau membludaknya suppoter di satu sisi akan menambah semangat juang skuatnya, tetapi di sisi lain dapat menjadi beban mental karena bagaimana pun, supporter ingin tim andalanya menang.

"Ya, saya pikir bisa saja adu penalti karena laga pertama kontra timnas Indonesia berakhir seri, tapi saya tidak pikirkan itu dulu. Saya berharap bisa selesaikan laga dalam 90 menit," kata Yoshida. 

Di sisi lain, Timnas Indonesia diharapkan telah pulih dari kelelahan dan dapat fokus dalam menjalani laga. Apalagi karena Egy Maulana Vikri akan turun sejak awal, sehingga daya gedor lini serang skuat Garuda bisa lagi tajam.

Di babak pertama leg kesatu, Indonesia mendominasi permainan dan unggul lebih dulu pada menit ke-28 melalui sepakan Witan Sulaeman. Namun, di babak kedua terjadi kebalikannya; justru Indonesia yang dapat ditekan Singapura, sehingga pada menit ke-70, Ikhsan Fandi berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1, dan laga usai dengan hasil yang tak berubah.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong mengatakan, pemain Indonesia kelelahan di babak kedua akibat jadwal di penyisihan grup yang padat, dan ia berjanji akan menyiapkan pasukannya itu dengan sebaik mungkin pada leg kedua, karena ia juga ingin menghindari adu penalti.

“Saya tidak memikirkan siapa yang akan ambil penalti. Memang bisa saja penalti, tapi itu tidak boleh sampai terjadi,” kata Shin Tae-yong dalam konferensi pers, Sabtu (24/12/2021).

Vikri sendiri mengatakan, ia bertekad akan memberikan kemenangan bagi Timnas Indonesia.

"kita harus fokus leg kedua, melupakan pertandingan yang kemarin, dan memberikan yang terbaik di pertandingan kedua nanti," katanya seperti dilansir laman resmi PSSI.

Ia datang ke skuat Merah-Putih dengan catatan gemilang, yakni torehan dua gol dan empat assists dari 15 laga bersama FK Senica di Liga Slovakia.

Berbekal statistik mentereng tersebut, Egy Maulana Vikri diharapkan bisa jadi motor serangan Timnas Indonesia dan memberikan tiket ke final Piala AFF 2020

Head to head:

Singapura 1 – 1 Timnas Indonesia

Singapura 1 – 0 Timnas Indonesia

Singapura 1 – 2 Timnas Indonesia

Timnas Indonesia 1 – 0 Singapura

Singapura 3 – 1 Timnas Indonesia

Lima laga terakhir Timnas Indonesia:

Timnas Indonesia 4 – 2 Kamboja

- Laos 1 – 5 Timnas Indonesia

- Timnas Indonesia 0 – 0 Vietnam

- Malaysia 1 – 4 Timnas Indonesia

Singapura 1 – 1 Timnas Indonesia


Lima laga terakhir Singapura:


- Singapura 3 – 0 Myanmar

- Filipina 1 – 2 Singapura

- Singapura 2 – 0 Timor-Leste

- Thailand 2 – 0 Singapura

- Singapura 1 – 1 Timnas Indonesia

Prediksi line up:

Timnas Indonesia (4-2-3-1): 
Nadeo Argawinata; Asnawi Mangkualam, Alfeandra Dewangga, Rizky Ridho, Pratama Arhan; Ricky Kambuaya, Rachmat Irianto; Irfan Jaya, Egy Maulana Vikri, Witan Sulaeman; Dedik Setiawan.

Singapura (4-4-2): 
Hassan Sunny; Nazrul Nazari, Irfan Fandi, Safuwan Baharudin, Nur Adam Abdullah; Shahdan Sulaiman, Harris Harun, Song Uiyong, Zulfahmi Arifin; Ikhsan Fandi, Faris Ramli

Editor : Rohman

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut