get app
inews
Aa Read Next : Lonjakan Libur Long Weekend: 125 Ribu Orang Mudik, KAI Tambah Armada Kereta Api"

Lebaran 2023 Sebentar Lagi Tiba, Ini Cara Ikut Mudik Motor Gratis dengan Kereta Api

Rabu, 22 Februari 2023 | 07:24 WIB
header img
Kemenhub menggelar program mudik Motor Gratis (Motis) Lebaran 2023. Foto : Instagram @cikarang_dryport.

JAKARTA, iNewsDepok.id – Sebagai upaya untuk menekan jumlah pengguna sepeda motor saat mudik, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menggelar program mudik Motor Gratis atau Motis dengan Kereta Api (KA) Lebaran 2023.

Program ini dilaksanakan bekerja sama dengan PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI dengan tujuan untuk mempermudah dan memberi keamanan kepada masyarakat yang ingin membawa sepeda motornya saat mudik lebaran.

Program pengiriman Motis tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya. Kali ini, KA barang pengangkut motor akan disambung dengan KA penumpang tetapi berbeda gerbong.

Dalam pemberlakukan program Motis, rute kereta api nantinya akan melewati 3 lintasan, yakni lintasan Utara (Cilegon-Pasar Senen-Semarang Tawang PP), lintasan tengah (Jakarta-Purwosari PP), lintasan Barat Selatan (Kiaracondong-Purwosari PP).

Berikut cara dan persyaratan untuk ikut program Motis:

  1. Pendaftaran program Motis mulai 1 Maret 2023 hingga 3 Mei 2023.
  2. Pendaftaran dilakukan pada website mudikgratis.dephub.go.id dan seluruh stasiun yang melayani program Motis tersebut.
  3. Siapkan dokumen berupa kartu Tanda Penduduk (KTP), Surat Ijin Mengemudi (SIM), Kartu Keluarga (KK), Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK).
  4. Sertakan identitas besaran motor, seperti berat dan identitas lainnya.
  5. Klik stasiun yang ditunjuk untuk melakukan verifikasi.
  6. Jika ada calon pendaftar yang telah memiliki tiket mudik kereta api atau moda transportasi lainnya, berikan identitas berupa nama, tanggal keberangkatan, dan kota yang dituju.
  7. Setelah pendaftaran disetujui, pemilik kendaraan perlu menyerahkan motor yang akan dikirim ke stasiun yang telah ditentukan dalam website. Penyerahan kendaraan maksimal 1 hari sebelum tanggal keberangkatan dan diambil di stasiun tujuan selama maksimal 1 hari setelah motor tiba.
  8. Pengambilan motor harus disertai bukti daftar dan bukti pengiriman serta identitas diri.
  9. Selama perjalanan, petugas akan melakukan pengosongan tangki BBM motor. Kemudian motor baru akan dinaikkan ke kereta api untuk dikirimkan.

Kuota angkutan motor pada program Motis 2023 ini adalah sebanyak 10.440 motor, dengan jumlah penumpang yakni sebanyak 46.720 orang.

Sebagai informasi, terdapat tarif yang dikenakan untuk pengangkutan motor ini. Biaya pendaftaran yang wajib dibayarkan mulai dari Rp10.000 - Rp20.000. Tarif itu sesuai dengan tarif yang dikenakan pada angkutan lainnya.

Besaran biaya dapat tergantung jarak kota tujuan. Jarak tempuh hingga mencapai 330 kilometer hanya bayar Rp 10.000, dan jika lebih dari 330 kilometer maka biayanya Rp 20.000. Tiket ini sudah termasuk penumpang dan motor.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut