get app
inews
Aa Read Next : Influencer Fina Mairita Bertekad Menaungi Orang Dengan Masalah Kesehatan Mental

4 Pandangan Islam tentang Childfree yang Viral di Media Sosial, Tercantum dalam Alquran

Kamis, 16 Februari 2023 | 10:25 WIB
header img
Pandangan Islam tentang childfree. Foto: NoJ/KoJ
  1. Anak merupakan anugerah

Dalam Islam juga disebutkan anak dipandang sebagai anugerah yang harus disyukuri sebab termasuk pemberian Allah Subhanahu wa Ta'ala.

Oleh karena itu setiap orang yang mendapat amanah sebagai orangtua harus menjalani peran tersebut dengan baik dan penuh totalitas.

  1. Anak sebagai permata hati dan kebahagiaan

Alquran juga menyebutkan keberadaan anak dalam keluarga sebagai permata hati dan kebahagiaan. Hal tersebut tercantum dalam Surat Ali Imran Ayat 14:

زُيِّنَ لِلنَّاسِ حُبُّ الشَّهَوَاتِ مِنَ النِّسَاءِ وَالْبَنِينَ وَالْقَنَاطِيرِ الْمُقَنطَرَةِ مِنَ الذَّهَبِ وَالْفِضَّةِ وَالْخَيْلِ الْمُسَوَّمَةِ وَاْلأَنْعَامِ وَالْحَرْثِ ذَلِكَ مَتَاعُ الْحَيَاةِ الدُّنْيَا وَاللهُ عِندَهُ حُسْنُ الْمَئَابِ

Artinya: "Dijadikan indah pada (pandangan) manusia kecintaan kepada apa-apa yang diingini, berupa wanita-wanita, anak-anak, harta yang banyak dari jenis emas, perak, kuda pilihan, binatang-binatang ternak, dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia, dan di sisi Allah-lah tempat kembali yang baik (surga)." (QS Ali ‘Imran: 14).

  1. Anak sebagai rezeki

Dalam Islam, anak juga dianggap mendatang rezeki bagi keluarga. Sebagaimana dalam Alquran Surat Al Isra' Ayat 31, Allah Swt berfirman:

وَلَا تَقْتُلُوا أَوْلَادَكُمْ خَشْيَةَ إِمْلَاقٍ ۖ نَحْنُ نَرْزُقُهُمْ وَإِيَّاكُمْ ۚ إِنَّ قَتْلَهُمْ كَانَ خِطْئًا كَبِيرًا

Artinya: "Dan janganlah kamu membunuh anak-anakmu karena takut kemiskinan. Kami-lah yang akan memberi rizki kepada mereka dan juga kepadamu." (QS Al Isra': 31).

Oleh karena itu, sebagai makhluk-Nya hendaknya kita mengikuti perintah Allah Subhanahu wa Ta'ala sebagaimana telah ditetapkan dalam Alquran.

Demikianlah 4 pandangan Islam tentang childfree atau keputusan tidak memiliki anak, yang wajib diketahui setiap muslim. Wallahu a'lam bisshawab.

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut