get app
inews
Aa Read Next : Pusat Bantuan Hukum Diharapkan Punya Peran Lebih dalam Mengedukasi Warga Bidang Hukum

Balai Besar TNBTS Minta Masyarakat Untuk Mewaspadai Peningkatan Aktivitas Gunung Bromo

Sabtu, 04 Februari 2023 | 14:38 WIB
header img
Balai Besar TNBTS Minta Masyarakat Untuk Waspada Terhadap Aktivitas Gunung Bromo. Foto: Istimewa

MALANG, iNewsDepok.id - Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) meminta masyarakat termasuk wisatawan yang berada disekitar Gunung Bromo untuk tetap waspada terkait dengan adanya peningkatan aktivitas vulkanik Gunung Bromo, di Jawa Timur.

Dikutip dari Antara yang berkomunikasi dengan Kepala Sub Bagian Data, Evaluasi dan Humas Balai Besar TNBTS Sarif Hidayat, pada Sabtu (3/2/2023). Mengatakan jika memang benar adanya peningkatan aktivitas Gunung Bromo yang ditandai dengan adanya sinar api dari kawah.

"Badan Geologi Kementerian ESDM menyampaikan adanya peningkatan aktivitas Gunung Bromo, dengan indikasi adanya sinar api dari kawah. Kami imbau masyarakat dan wisatawan waspada," kata Sarif.

Sarif menjelaskan, indikasi lain yang terkait dengan peningkatan aktivitas Gunung Bromo adalah adanya bau belerang yang cukup kuat, suara gemuruh, dan munculnya asap putih dari kawah Gunung Bromo dengan tinggi 2.329 menteri diatas permukaan laut (mdpl) selama seminggu terakhir.

Dengan kondisi tersebut, lanjut Sarif, seluruh masyarakat termasuk pelaku jasa wisata, termasuk wisatawan dan pengelola kawasan diminta untuk mewaspadai peningkatan aktivitas Gunung Bromo tersebut.

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut