get app
inews
Aa Read Next : Perang dengan Rusia Ekonomi Ukraina Hancur, Butuh Bantuan USD 3 Miliar Tiap Bulan

Peringatan Setahun Perang, Rusia Siapkan 500 Ribu Tentara Hancurkan Ukraina

Kamis, 02 Februari 2023 | 14:55 WIB
header img
Pakar dan analis intelijen telah memprediksi bahwa serangan baru mungkin akan diluncurkan oleh Rusia sebelum musim semi. Foto: Republic World

JAKARTA, iNewsDepok.id - Menteri pertahanan Ukraina, Oleksii Reznikov, mengatakan pada Kamis (2/1/2023) Rusia sedang merencanakan serangan besar bertepatan dengan peringatan setahun perang di Ukraina pada 24 Februari. 

Reznikov memperingatkan bahwa Rusia akan memanggil kontingen besar pasukan berjumlah 300.000 tentara yang dimobilisasi pada September tahun lalu. 

Namun ia mengklaim bahwa jumlah sebenarnya di wilayah perbatasan dapat mendekati 500.000 tentara. 

“Kami tidak meremehkan musuh kami,” kata Reznikov, dikutip dari The Guardian. "Secara resmi 300.000, tetapi ketika kami melihat pasukan di perbatasan, kami jumlahnya jauh lebih banyak.” 

Reznikov mengatakan serangan mungkin akan dipusatkan di dua wilayah: di timur Ukraina, yang telah mengalami pertempuran sengit selama beberapa pekan terakhir; dan di selatan. 

Pekan lalu Oleksiy Danilov, sekretaris Dewan Keamanan dan Pertahanan Nasional Ukraina, juga memperingatkan bahwa Rusia sedang mempersiapkan gelombang serangan untuk menandai peringatan Operasi Militer Khususnya 24 Februari. 

Dia mengklaim pasukan Rusia telah ditugaskan pergi melampaui perbatasan wilayah timur Donetsk dan Luhansk

Pada Rabu malam, Presiden Volodymyr Zelensky mengatakan pasukan Rusia berusaha memperoleh keuntungan yang dapat mereka tunjukkan pada peringatan serangan mereka di bulan Februari.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut