get app
inews
Aa Read Next : 15 Tahun Berkarya, BINUS ONLINE Hadirkan 15.000 Konten Pembelajaran dan Apresiasi Semua Stakeholder

BEM FIB UB Gelar Kegiatan Sosial Pengembangan Potensi Desa dan Pendidikan di Malang

Kamis, 02 Februari 2023 | 11:03 WIB
header img
Kegiatan sosial Budaya Mengajar (Bume) di MI dan MTs Jabal Nur Desa Tlogowaru, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang yang diselenggarakan BEM Fakultas Ilmu Budaya Universitas Brawijaya. Foto: doc BEM FIB UB

MALANG, iNewsDepok.id- Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya Universitas Brawijaya (BEM FIB UB) menggelar 2 kegiatan sosial sebagai bagian dari program pengabdian masyarakat.

Kegiatan sosial bertajuk Cipta Karya Desa dan Budaya Mengajar (Ciptades dan X Bume). 

Ciptades berlangsung di Dusun Baran RW 007, Kelurahan Tlogowaru, Malang. Sedangkan program Budaya Mengajar (Bume) di MI dan MTs Jabal Nur Desa Tlogowaru, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang.

Kedua program berjalan bersamaan dari tanggal 10 September-26 November 2022.

Cipta Karya Desa atau Ciptades adalah program kerja dari Kementerian Sosial dan Lingkungan  BEM FIB UB. Bentuknya pengabdian untuk masyarakat di desa secara berkala dan berkelanjutan.


Kegiatan sosial Ciptades di Dusun Baran RW 007, Kelurahan Tlogowaru, Malang untuk mencegah pembakaran sampah dengan daur ulang sampah. Foto: BEM FIB UB
 

Kegiatan sosial Ciptades terdiri dari 4 tahap yaitu:

Tahap 1, volunteer Ciptades memberikan  sosialisasi dan penyuluhan tentang masalah dan akibat pembakaran sampah yang menjadi permasalahan utama desa tersebut. 

Tahap 2, memberikan sosialisasi mengenai cara mengolah sampah dengan baik dan memberikan penjelasan mengenai daur ulang dari barang bekas. 

Tahap 3, melakukan praktek mengenai cara mendaur ulang barang-barang bekas tersebut dengan cara membuat pot gantung sedehana yang bisa dilakukan semua orang dan menanam bibit sawi di botol bekas tersebut. Selain itu, volunteer Ciptades juga membuat keset dari kain bekas bersama ibu-ibu desa setempat.

Tahap 4, mengadakan sosialisasi mengenai desa hijau dan wawasan tentang desa wisata, serta menjelaskan juga manfaat dari bibit buah yang akan ditanam. 

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut