Logo Network
Network

PLTN Zaporizhzhia Kembali Diguncang Ledakan, Dirjen Badan Atom Ingin Bentuk Zona Perlindungan

Benedict J. C. Pietersz
.
Jum'at, 27 Januari 2023 | 09:13 WIB
PLTN Zaporizhzhia Kembali Diguncang Ledakan, Dirjen Badan Atom Ingin Bentuk Zona Perlindungan
Direktur Jenderal IAEA Rafael Mariano Grossi menghadiri acara di New York yang diselenggarakan oleh Presiden Prancis Emmanuel Macron untuk membahas keselamatan dan keamanan fasilitas nuklir sipil dalam konflik bersenjata. Foto: IAEA

JAKARTA, iNewsDepok.id - Para ahli dari Badan Energi Atom Internasional (IAEA) yang hadir di Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Zaporizhzhia (ZNPP) Ukraina melaporkan sejumlah ledakan dahsyat terbaru di luar fasilitas pada Kamis (26/1/2023) waktu setempat. 

Melansir dari situs resmi IAEA, beberapa ledakan diperkirakan terjadi agak jauh dari PLTN, sementara yang lain dilaporkan lebih dekat dengan fasilitas itu sendiri. 

Delapan ledakan kuat terdengar sehari sebelumnya pada pukul 10 pagi, menggetarkan jendela kantor di pabrik

Indikasi aktivitas militer di sekitar lokasi PLTN membuat Direktur Jenderal IAEA, Rafael Mariano Grossi, semakin menggarisbawahi pentingnya menyetujui pembentukan Zona Perlindungan Keselamatan dan Keamanan Nuklir di sekitar lokasi secepat mungkin.  

Proposal pembentukan zona keselamatan di sekitar PLTN Zaporizhzhia (ZNPP) pertama kali diserukan oleh Grossi pada 6 September 2022. 

Pembentukan zona ini tidak hanya akan melindungi para pekerja dan karyawan, tetapi juga menjaga keamanan fasilitas nuklir dari ancaman serangan fisik oleh kendaraan dan perlengkapan militer. 

Proposal tersebut didukung oleh 9 negara (termasuk Ukraina) dan Perwakilan Tinggi Uni Eropa untuk Urusan Luar Negeri dan Kebijakan Keamanan.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.