get app
inews
Aa
Read Next : Terungkap! Begal Pelajar SMPN 2 Depok Incar Anak Sekolahan, Motifnya Bikin Geleng-geleng Kepala

Mereguk 3 Racikan Teh Spesial ala Oza Sudewo Terinspirasi Wot Batu Mahakarya Sunaryo

Selasa, 24 Januari 2023 | 14:00 WIB
header img
Oza Sudewo saat menjelaskan kolaborasi Respon Karya pada Ngeteh Sore di Wot Batu. Foto: Dok
  1. Ambu

Ambu Oza Tea x Wot Batu. Foto: Dok

Varian pertama dinamakan Ambu, berarti “ibu” dalam bahasa Sunda, yang menjadi simbol awal perjalanan manusia dalam kehidupan. Racikan ini terinspirasi dari instalasi Batu Indung di Wot Batu, yang berbentuk patung pohon jambu.

Racikan Ambu berbahan jambu, apel, rosella, dan serai, sehingga menghadirkan nuansa yang segar sekaligus menenangkan. Warnanya merah terang, layaknya aksen yang khas pada karya-karya Sunaryo.

  1. Indriya

Indriya x Wot Batu

Varian kedua bernama Indriya, atau “indra”. Indra merupakan alat yang digunakan manusia memproses kehidupan di dunia, baik dalam menyerap lingkungannya maupun mengekspresikan dirinya.

Teh Indriya memiliki satu bahan khusus yaitu kemangi, sebagai perlambang budaya Sunda yang menciptakan dimensi rasa dan aroma yang lebih kompleks.

Dimensi rasa dan aroma ini diharapkan bisa memicu sensori pengunjung Wot Batu. Racikan ini pun menggambarkan bagaimana budaya Sunda mempengaruhi sosok seorang Sunaryo.

  1. Suwung

Suwung Oza Tea x Wot Batu

Varian terakhir adalah Suwung, yang bermakna kehampaan yang sehadir-hadirnya. Terinspirasi dari makna spiritual dalam Wot Batu, teh Suwung sarat dengan bahan-bahan yang mencerminkan dualisme kelahiran dan kematian.

Teh hijau dan kurma di dalamnya menggambarkan kehidupan, pandan dan serai hadir sebagai perlambang kematian, serta getah pohon kamper mewakili kehidupan setelah kematian.

Pertemuan kelahiran dan kematian, yang saling meniadakan, menghadirkan kehampaan atau “suwung”.

Ketiga varian teh kolaborasi Wot Batu dan Oza Sudewo ini hanya dapat dinikmati ketika berkunjung ke Wot Batu. Dengan ditemani berbagai kudapan khas, dan tentunya, bersama pengalaman menyelami mahakarya Sunaryo yang tak akan ditemukan di tempat lain.

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut