get app
inews
Aa Read Next : Bikin Heboh! itel Luncurkan Smartphone Terbaru RS4 NFC dengan Spesifikasi Mumpuni Harga Sejutaan

Ubah 10 Kebiasaan Jika Ingin Baterai Ponsel Lebih Awet

Senin, 23 Januari 2023 | 09:46 WIB
header img
Seringkali tanpa disadari yang membuat baterai ponsel atau smartphone cepat drop adalah kebiasaan kita sendiri. Foto: Freepik/pvproductions

DEPOK, iNewsDepok.id - Seringkali tanpa disadari yang membuat baterai ponsel atau smartphone cepat drop adalah kebiasaan kita sendiri. Karena itu, jika ingin baterai ponsel lebih awet sebaiknya ubah 10 kebiasan berikut ini.

Baterai merupakan bagian penting dari ponsel. Jika baterai tidak dirawat dengan baik, maka akan cepat drop, yang akhirnya kegiatan sehari-hari bakal terganggu. Pasalnya, baterai cepat habis dan ketika di-charge pun pengisian daya tidak maksimal.  

Lantas bagaimana agar baterai ponsel lebih awet dan tidak cepat drop? Berikut penjelasannya, seperti dirangkum pada Senin (23/1/2023):

  1. Atur pengaturan penerangan layar. Atur pengaturan penerangan layar pada tingkat yang sesuai dengan kebutuhan dan pilih jenis layar yang hemat energi.
  1. Nonaktifkan fitur yang tidak diperlukan. Nonaktifkan fitur yang tidak diperlukan seperti Bluetooth, NFC, Wi-Fi, GPS, dan lain-lain ketika tidak digunakan.
  1. Gunakan mode hemat baterai, Gunakan mode hemat baterai jika tersedia pada perangkat untuk menghemat baterai. Beberapa HP menyediakan mode seperti Ultra Battery Saving yang membuat HP jadi jauh lebih hemat.
  1. Matikan notifikasi yang tidak diperlukan. Matikan notifikasi dari aplikasi yang tidak diperlukan untuk menghemat baterai.
  1. Hapus aplikasi yang tidak digunakan. Aplikasi yang tidak digunakan terkadang berjalan di latar dan bisa mengonsumsi baterai.
  1. Gunakan charger original. Gunakan charger original yang dirilis resmi oleh pabrikan HP, atau paling tidak memiliki spesifikasi serupa. Jangan tergiur charger murahan, yang memiliki dampak buruk jangka panjang.
  1. Kebiasaan ngecas. Memang saat ini HP sudah canggih. Tapi, tetap saja hindari meninggalkan HP untuk ngecas semalaman.
  1. Suhu tinggi. Hindari ngecas ketika suhu HP sedang terlalu panas atau terlalu dingin yang bisa melukai baterai.
  1. Jangan nge-charge sambil min game. Hindari nge-charge ponsel sambil digunakan karena bisa membuat ponsel panas dan proses nge-charge melambat.
  2. Bersihkan selot. Bersihkan selot HP dari debu atau kotoran lainnya yang dapat merusak port di HP.

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut