get app
inews
Aa Read Next : Sejarah Depok 18 Maret, Diresmikan Sebagai Kota Administratif pada Tahun 1982

Sejarah Terbentuknya Kota Depok, dari Sebuah Kecamatan Berkembang Menjadi Kotamadya

Minggu, 19 Desember 2021 | 07:32 WIB
header img
Balai Kota Depok, Foto: Istimewa

DEPOK, iNews.id - Wilayah Depok berawal dari sebuah kecamatan yang berada di lingkungan Kewedanaan (Pembantu Bupati) wilayah Parung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Pada tahun 1976 mulai dibangun oleh Perum Perumnas maupun pengembang, yang diikuti dengan dibangunnya kampur Universitas Indonesia (UI).

Di tahun 1981, Pemerintah membentuk Kota Administrasi Depok, dengan peresmian tanggal 18 Maret 1982 oleh Menteri Dalam Negeri H. Amir Machmud. Saat itu terdiri dari 3 Kecamatan dan 17 desa.

Kecamatan Pancoran Mas terdiri dari 6 desa yaitu Desa Depok, Depok Jaya, Pancoran Mas, Mampang, Rangkapan Jaya dan Rangkapan Jaya Baru. Kecamatan Beji terdiri dari 5 desa, yakni Beji, Kemiri Muka, Pondok Cina, Tanah Baru dan Kukusan. Sementara Kecamatan Sukmajaya terdiri dari 5 desa, yaitu Mekarjaya, Sukmajaya, Sukamaju, Cisalak, Kalibaru, dan Kalimulya.

Setelah 17 tahun Kota Administratif Depok berkembang pesar, sehingga desa berganti menjadi keluarahan dengan adanya pemekaran kelurahan. Depok menjadi terdiri dari 3 kecamatan dan 23 kelurahan.

Kecamatan Pancoran Mas terdiri dari 6 kelurahan, yaitu Kelurahan Depok, Depok jaya, Pancoran Mas, Rangkapan Jaya, dan Rangkapan Jaya Baru. Kecamatan Beji terdiri dari enam kelurahan, yakni Kelurahan Beji, Beji Timur, Pondok Cina, Kemiri Muka, Kukusan, dan Tanah Baru.

Kecamatan Sukmajaya terdiri dari 11 kelurahan, yakni Kelurahan Sukmajaya, Sukamaju, Mekarjaya, Abadi Jaya, Baktijaya, Cisalak, Kalibaru, Kalimulya, Kali Jaya, Cilodong, Jati Mulya dan Tirta Jaya.

Melihat perkembangan Depok yang pesat, Kota Admnistratif Depok diangkat menjadi Kotamadya. Pemkab Bogor dan Pemprob Jawa Barat mengusulkan kepada Pemerintah Pusat dan DPR.

Berdasarkan UU No. 15 tahun 1999, tentang pembentukan Kotamadya Daerah Tk. II Depok yang ditetapkan pada tanggal 20 April 1999. Lalu diresmikan tanggal 27 April 1999 berbarengan dengan Pelantikan Pejabat Walikotamadya Kepala Daerah Tk. II Depok Drs. H. Badrul Kamal yang pada waktu itu menjabat sebagai Wali Kota Kota Administratif Depok.

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut