get app
inews
Aa Read Next : Seminar Cyber Education Ungkap Peran Strategis Kecerdasan Buatan dalam Dunia Bisnis

Hebat, China Rancang Kapal Induk Nirawak Pertama di Dunia

Sabtu, 14 Januari 2023 | 12:55 WIB
header img
China Sedang Rancang Kapal Induk Nirawak Pertama di Dunia. (Foto: Indomiliter.com).

BEIJING, iNewsDepok.id - China dikabarkan sedang merancang kapal induk tanpa awak yang bisa dikendalikan dari jarak jauh. Kapal tersebut diklaim mampu melakukan navigasi mandiri di perairan terbuka.

Southern Marine Science and Engineering Guandong Laboratory (SMSEGL) sebagai pengembang kapal induk tanpa awak yang bernama Zhu Hai Yun itu, mengklaim jika kapal tanpa awak tersebut merupakan yang pertama di dunia. Kapal itu memasuki galangan kapal di Pelabuhan Gaolan, Zhuhai, Provinsi Guandong, China pada Kamis (12/1/2023).

“Zhu Hai Yun nanti menjadi kapal laut tanpa awak pertama yang diuji secara profesional,” kata Direktur SMSEGL, Chen Dake.

Proses pengerjaan kapal tersebut diperkirakan akan memakan waktu selama 1,5 tahun. Pihak pengembang menyatakan, rancangan dan konstruksi Zhu Hai Yun akan mengikuti prinsip-prinsip kecerdasan buatan yang ramah lingkungan, dukungan sains dalam sistem nirawak, dan futuristik. Hal ini diungkap oleh media setempat pada Jum'at (13/1/2023).

Kapal cerdas nirawak tersebut memilik panjang 88,5 meter dengan bobot seberat 2.100 ton, kapal tersebut diperkirakan dapat berlayar dengan kecepatan maksimum yaitu 18 Knot.

Kapal tersebut memiliki dek belakang yang besar agar bisa mengangkut berbagai instrumen observasi udara, laut.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut