Logo Network
Network

Ini Cara Doktor UI Hasilkan Bioplastik Superkuat dari Limbah Pati Aren

Mada Mahfud
.
Jum'at, 06 Januari 2023 | 09:36 WIB
Ini Cara Doktor UI Hasilkan Bioplastik Superkuat dari Limbah Pati Aren
Keberhasilan Muhammad Ghozali dalam membuat bioplastik yang superkuat membuatnya meraih gelar doktor dengan IPK sempurna 4,00 dari Departemen Teknik Metalurgi dan Material Fakultas Teknik Universitas Indonesia. Foto Ilustrasi: tangkapan layar YouTube BioenterpriseCanada

DEPOK, iNewsDepok.id – Bioplastik alias plastik ramah lingkungan sudah lama ditemukan. Namun masalahnya adalah bioplastik terlalu mudah sobek seulit jadi pengganti plastik konvensional. Seorang mahasiswa program doktoral UI berhasil mengatasi masalah tersebut.

Plastik konvensional yang terbuat dari minyak bumi harus dienyahkan karena menjadi sampah yang menumpuk dimana-mana dan menjadi persoalan besar umat manusia. Butuh waktu 100-500 tahun agar sampah plastik bisa hancur.

Namun untuk mencari pengganti plastik tidaklah mudah. Para ahli bekerja keras menciptakan bioplastik yang bisa terurai di alam dalam waktu singkat.

Hanya saja masalahnya, bioplastik sangat mudah sobek. Maka tak heran, bioplastik ini tidak kunjung bisa digunakan secara luas.

Masalah tersebut rupanya membuat Muhammad Ghozali, mahasiswa Program Doktor Teknik Metalurgi dan Material, Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) gundah gulana. 

Ia pun akhirnya melakukan penelitian dan menghasilkan disertasi doktoral berjudul  “Pemanfaatan Limbah Pati Aren dan Limbah Cair Tapioka Sebagai Bioplastik Untuk Kemasan Fleksibel”. 

Penelitian Ghozali membuatnya meraih gelar doktor dengan IPK sempurna 4,00 dan predikat Cum Laude di bulan Desember 2022 Ia merupakan Doktor ke-57 yang lulus dari Departemen Teknik Metalurgi dan Material Fakultas Teknik UI.

Lalu bagaimana cara Ghozali membuat bioplastik menjadi kuat. 

”Kita memodifikasi struktur kimia pati, penambahan penguat dan pencampuran dengan biopolimer,” beber Ghozali.

Modifikasi struktur kimia pati dilakukan metode oksidasi. Agar lebih kuat, struktur pati ditambah dengan serat selulosa. Tak cukup sampai di situ, upaya Ghozali membuat bioplastik sekuat plastik konvensional dilakukan penambahan polimer poliasam laktat.

Follow Berita iNews Depok di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.