get app
inews
Aa Read Next : Implementasi CSR dan ESG yang Unggul, Kilang Pertamina Internasional Sabet 14 Penghargaan di Vietnam

Bermain Imbang Kontra Vietnam, Indonesia Sukses Jaga Asa untuk Lolos ke Semifinal Piala AFF 2020

Rabu, 15 Desember 2021 | 22:23 WIB
header img
Ricky Kambuaya menggiring bola dalam laga Indonesia vs Vietnam dalam babak penyisihan Grup B Piala AFF 2020, Rabu (15/12/2021). Foto: Sindonews

BISHAN, iNews.id - Indonesia berhasil menjaga asa untuk  lolos ke semifinal Piala AFF 2020, meski harus jatuh bangun menyelamatkan gawangnya dari kebobolan akibat gencarnya serangan Vietnam dalam laga ketiga babak penyisihan grup B di Bishin Stadium, Singapura, Rabu (15/12/2021).

Hasil imbang 0-0 dari permainan dramatis tersebut membuat Indonesia dan Vietnam menambah 1 poin, sehingga kedua tim sama-sama mengoleksi poin 7 dari tiga laga yang telah dijalani.

Nmaun, hasil ini aekaligus menempatkan Indonesia tetap di puncak klasemen grup B, sementara Vietnam tetap di posisi runner up karena kalah agregat hanya dengan selisih 1 poin.

Indonesia keteteran

Sejak kick off babak pertama, Vietnam langsung merangsek ke lini pertahanan Indonesia, membuat semua pemain Indonesia turun untuk mengamankan gawangnya.

Bahkan sepanjang babak pertama laga nyaris hanyq berlangsung di setengah lapangan.

Beruntung, dari beberapa tendangan pemain Vietnam, hanya satu dua yang tepat mengarah ke gawang karena selebihnya melambung di atas mistar gawang atau melebar ke samping.

Pola permainan agresif Vietnam agaknya sudah dibaca pelatih Indonesia Shin Tae-yong sejak sebelum laga, sehingga jago taktik asal Korea Selatan itu memainkan lima bek untuk formasi 5-4-1, yang sepertinya berubah menjadi 3-4-3 ketika maju menyerang.

Rizky Ridho, Alfeandra Dewangga, dan Fachruddin Aryanto dimainkan sebagai bek tengah. Asnawi Mangkualam dan Pratama Arhan menjadi bek sayap yang maju menjadi gelandang ketika bermain menyerang.

Evan Dimas dicadangkan oleh Shin Tae-yong pada awal laga. Rachmat Irianto dan Ricky Kambuaya menjadi sosok sentral di lini tengah yang akan membantu pertahanan dan juga serangan.

Timnas Indonesia sudah mengalami masalah sebelum pertandingan dimulai. Kiper utama Ernando Ari Sutaryadi batal dimainkan karena mengalami sedikit cedera saat pemanasan. Alhasil, Nadeo Argawinata yang dipercaya di bawah mistar. Keputusan tersebut juga membuat Tim Garuda tanpa kiper cadangan mengingat hanya dua kiper yang didaftarkan dalam 23 nama pemain untuk laga kontra Vietnam.

Taktik dan strategi Shin Tae-yong ternyata berhasil, karena lini belakang Indonesia menjadi begitu rapat, sehingga sulit bagi pemain Vietnam untuk melakukan tembakan terarah dari jarak dekat.

Bahkan, "tumpulnya" serangan membuat para pemain Vietnam seperti frustasi karena hingga paruh babak kedua, belum satu pun serangan yang dapat dikonversi menjadi gol.

Di babak kedua, Timnas Indonesia sempat berupaya menyerang dan menciptakan peluang emas, namun gagal dieksekusi dengan baik. Serangan itu bahkan berkali-kali membuahkan serangan balik yang membahayakan gawang Indonesia.

Namun, Nadeo Argawinata bermain cemerlang. Dia berkali-kali berhasil mematahkan serangan Vietnam dengan menangkap bola yang mengarah ke gawangnya.

Hasil imbang ini membuat Indonesia harus kembali bertarung super keras kontra Malaysia pada babak pamungkas pekan depan. Jika Indonesia kalah, asa yang terjaga malam ini buyar, karena Malayia akan mengoleksi 9 poin.

Vietman kemungkinan tetap akan lolos ke semifinal, karena di babak pamungkas pekan depan, Vietnam menghadapi tim lemah Kamboja.

Editor : Rohman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut