get app
inews
Aa Read Next : Timnas Indonesia Potensial Kedatangan 5 Pemain Baru dari Eropa di Sela Kualifikasi Piala Dunia 2026

Piala AFF 2020, Preview: Indonesia Vs Vietnam

Rabu, 15 Desember 2021 | 10:27 WIB
header img
Evan Dimas dan pemain Timnas Indonesia lainnya di Piala AFF 2020. Dok: PSSI

BISHAN, iNews.id - Timnas Indonesia akan menghadapi pertarungan yang sangat tidak mudah pada laga ketiga Piala AFF 2020 yang digelar di Bishan Stadium, Singapura, Rabu (15/12/2021) pukul 19:30 WIB. 

Disebut tidak mudah, karena Tim Indonesia harus menghadapi Vietnam, tim yang dinilai merupakan yang terkuat untuk saat ini di kawasan Asia Tenggara.

Pada dua laga sebelumnya, Vietnam mengalahkan Laos 2-0, dan menaklukkan Malaysia dengan skor telak 3-0. Sementara Indonesia mengalahkan Kamboja 4-2, dan menundukkan Laos 5-1.

Menang secara agregat, Tim Garuda menduduki posisi puncak pada klasemen sementara Grup B dengan poin 6, sama dengan poin yang didapat Vietnam yang menghuni posisi runner up.

Malaysia menguntit di posisi ketiga, juga dengan nilai 6 setelah menundukkan Laos dan Kamboja, namun kemudian ditaklukkan Vietnam pada laga ketiga.

Praktis, ada tiga tim kuat di Grup B, yakni Indonesia, Vietnam dan Malaysia. Maka, penting bagi Tim Indonesia yang diasuhj pelatih asal Korea Selatan Shin Tae-yong untuk memenangkan laga nanti malam. Jika kalah, Indonesia akan berada pada posisi yang sangat sulit, karena harus menghadapi Malaysia pada laga keempat yang merupakan laga pamungkas. Apalagi karena pada laga pamungkasnya, Vietnam akan menghadapi Kamboja.

Di atas kertas, Vietnam lebih diunggulkan untuk menang, akan tetapi Indonesia punya kans untuk mencuri poin sempurna karena tiga pemain kunci Vietnam mengalami cidera saat bertanding melawan Malaysia, sehingga besar kemungkinan Park Hang-seo, pelatih Vietnam, tidak menurunkan ketiganya.

Ketiga pemain yang tidak fit setelah melawan Malaysia adalah Nguyen Thanh Chung, Phan Van Duc, dan Nguyen Tien Linh. Thanh Chung bahkan mengalami bengkak pada lutut, sehingga digantikan Bui Tien Dung saat pertandingan kontra Malaysia.

Meski demikian, Park agaknya tidak terlalu khawatir performa timnya akan menurun saat menghadapi Indonesia. Apalagi karena dia mengatakan, dia telah mengetahui tentang Tim Indonesia.

"Kami telah bertemu Indonesia di babak kualifikasi kedua di Piala Dunia. Saya baru saja menonton pertandingan Indonesia vs Laos di babak ini. Mereka terlihat terlatih dengan baik, bermain jauh lebih aktif daripada pertandingan pada Juni lalu, terutama dalam hal intensitas dan kebugaran," katanya seperti dikutip dari Bongda, Senin (13/12/2021).

Park mengakui, perubahan itu terjadi karena Timnas Indonesia kini ditangani Shin Tae Yong, namun ia yakin, timnya tetap akan menang.

"Kita semua tahu Shin telah diuji kemampuannya di Korea. Dia pernah memimpin timnas Korea ke Piala Dunia. Shin adalah pelatih junior favorit saya. Maka, saya akan berusaha meraih kemenangan terindah di depan Shin," katanya.

Jika Vietnam berhasil mengalahkan Indonesia, maka tiket semifinal telah dipegang, karena selain akan mengumpulkan poin 9, melawan Kamboja pada babak pamungkas hanya akan memberikan tambahan poin sempurna bagi Vietnam.

Karenanya, penting bagi tim Indonesia untuk berjuang habis-habisan mengingat lawan terakhirnya di babak penyisihan grup B adalah Malaysia. 

Sayangnya, Koordinator Save Our Soccer (SOS) Akmal Marhali mengatakan, ada persoalan di tubuh Timnas Indonesia, yakni di lini pertahanan yang masih terlihat belum kokoh.

"Laos yang menjadi tim terlemah yang mana mengandalkan serangan baik, tapi Timnas Indonesia masih kebobolan. Lini pertahanan menjadi sebuah tanda tanya besar," katanya kepada GenPI.co, Minggu (12/12/2021).

Ia pun meminta Shin menuntaskan persoalan itu, karena Vietnam dan Malaysia memiliki lini serang yang berkualitas.

Dalam konferensi pers Selasa (14/12/2021), Shin mengatakan bahwa ia telah mempersiapkan Tim Indonesia dengan baik untuk menghadapi Vietnam, tetapi dia mengatakan ada beberapa hal yang tak diinginkan, terjadi, dan jika saja hal itu tidak terjadi, persiapan mungkin akan lancar.

Shin tidak membeberkan apa masalah yang terjadi tersebut, karena katanya, dia baru akan blak-blakan setelah laga kontra Vietnam selesai.

Meski demikian, kabar yang beredar menyebutkan kalau salah satu kendala yang dihadapi Shin adalah gagalnya Elkan Baggott, bek keturunan Indonesia, memperkuat Tim Indonesia saat melawan Vietnam karena harus menjalani karantina selama 10 hari.

Lamanya Elkan menjalani karantina juga membuat dia tidak dapat memperkuat Indonesia ketika melawan Malaysia.

Elkan batal memperkuat Tim Indonesia karena berada dalam satu pesawat dengan orang yang dinyatakan positif Covid-19 saat dalam penerbangan dari London ke Singapura.

Lima Pertemuan Terakhir:
- 07/06/21 Vietnam 4 - 0 Indonesia
- 15/10/19 Indonesia 1 - 3 Vietnam
- 07/12/16 Vietnam 2 - 2 Indonesia
- 03/12/16 Indonesia 2 - 1 Vietnam
- 08/11/16 Vietnam 3 - 2 Indonesia

Perkiraan Line up:

Timnas Indonesia (4-1-4-1):Nadeo Argawinata; Asnawi Mangkualam, Rizky Ridho, Fachruddin Aryanto, Pratama Arhan; Alfreanda Dewangga; Witan Sulaeman, Evan Dimas, Ricky Kambuaya, Irfan Jaya; Ezra Wallian.

Timnas Vietnam (3-4-2-1): Tran Nguyen Manh; Do Duy Manh, Que Ngoc Hai, Nguyen Thanh Chung; Vu Van Thanh, Nguyen Phong Hong Duy, Nguyen Tuan Anh, Luong Xuan Truong; Phan Van Duc, Nguyen Cong Phuong; Nguyen Quang Hai.


 
 

Editor : Rohman

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut