get app
inews
Aa Read Next : Dukung Desainer dan Jenama Lokal hingga ke Luar Negeri Lewat ZALORAYA 2024

Awet Muda Lebih Lama dengan 5 Cara Sederhana Ini

Rabu, 21 Desember 2022 | 17:18 WIB
header img
Awet Muda Lebih Lama dengan 5 Cara Sederhana Ini. Foto ilustrasi: Freepik/diana.grytsku

DEPOK, iNewsDepok.id - Perempuan manapun ingin selalu tampil awet muda lebih lama. Meski usia terus merangkak naik, tetapi siapapun tidak ingin terlihat cepat menua.

Pasanya, pada sebagian besar perempuan, timbulnya tanda-tanda penuaan bisa memengaruhi kepercayaan dirinya. Sayangnya, jika tidak rutin merawat kulit tanda-tanda penuaan bakal segera menghampiri, seperti kulit kusam, timbul kerutan hingga elastisitas kulit mengendur.

Penuaan bisa terjadi lebih cepat apabila seseorang menjalani gaya hidup yang tidak sehat dan stres. Oleh karena itu, sebaiknya melakukan perawatan yang tepat dan menjalani perubahan gaya hidup yang lebih sehat dan memenej stres.

Dengan perubahan gaya hidup tersebut maka akan memperlambat proses penuaan kulit. Alhasil, penampilan akan awet muda lebih lama.

Berikut 5 cara sederhana yang membuat seseorang tampak awet muda lebih lama atau tidak cepat menua, seperti dilansir Times of India pada Rabu (21/12/2022):

  1. Menjaga kulit dari paparan sinar matahari secara langsung

Sinar matahari ternyata berbahaya buat kulit. Paparan sinar ultraviolet atau UV matahari dapat merusak kulit yang menyebabkan penuaan dini berupa hiperpigmentasi, bintik matahari, kerutan atau bintik-bintik. Untuk mencegah penuaan dini, sebaiknya selalu gunakan tabir surya di atas 30 SPF sebelum keluar dan saat berada di dalam ruangan. 

  1. Jangan lupa hapus makeup sebelum tidur

Tidur dengan makeup dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan munculnya jerawat atau bahkan kerutan. Oleh karena itu jangan lupa menghapus riasan apa pun di wajah sebelum tidur.

Dengan membersihkan makeup dapat membantu kulit bernapas, dan mencegah kotoran atau kotoran lain merembes ke dalamnya.

  1. Rajin mengonsumsi makanan sehat

Selain itu, rajin konsumsi makanan sehat yang kaya Vitamin E dan C. Vitamin ini kaya akan antioksidan yang membantu mencegah radikal bebas merusak sel kulit.

Makanan ini dapat meningkatkan elastisitas dan kekenyalan kulit.

Makanan sehat tersebut di antaranya kacang-kacangan, produk susu, biji-bijian, minyak sayur, sayuran berdaun hijau, buah jeruk, cabai, kiwi dan lemon kaya akan vitamin ini.

  1. Jaga kulit tetap terhidrasi

Setidaknya minumlah delapan gelas air sehari untuk menjaga kulit terhidrasi. Kulit yang terhidrasi akan terlihat lebih sehat, lembab, kenyal dan halus. Sebaliknya, dehidrasi atau kekurangan cairan dapat mempercepat munculnya kerutan dan garis halus.

Selain membuat kulit menjadi lebih mulus, memperbanyak minum air juga baik untuk kesehatan tubuh lainnya. Misalnya tidak mudah lemas, atau menghindari bibir pecah-pecah dan kering.

  1. Hindari stres

Saat stres, kulit dan rambut secara langsung mencerminkan hal itu. Lakukan hal-hal yang menenangkan indera dan membuatmu tetap relaks, seperti berlatih meditasi dan yoga. Melukis, bernyanyi, memasak, berlari, atau berolahraga jika itu yang membuat seseorang tetap fokus.

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut