get app
inews
Aa Read Next : Influencer Fina Mairita Bertekad Menaungi Orang Dengan Masalah Kesehatan Mental

14 Bisnis Online Ini Jadi Pilihan Tambah Cuan, Bisa Dikerjakan dari Rumah

Rabu, 21 Desember 2022 | 11:17 WIB
header img
Ilustrasi berbisnis pnline dri rumah. Foto: Freepik/our team

DEPOK, iNewsDepok.id - Internet membuka peluang untuk memulai bisnis online yang bisa dikerjakan dari rumah. Setidaknya ada 14 bisnis online yang bisa menjadi pilihan menambah pundi-pundi rupiah. 

Lantas bisnis apa saja yang bisa tambah cuan dan bisa dikerjakan dari rumah?

Berikut 14 bisnis online yang bisa tambah cuan dan bisa dikerjakan di rumah, seperti dirangkum dari BukuWarung pada Rabu (21/12/2022):

  1. Menjadi Social Media Influencer

Influencer menjadi peluang bisnis baru di tengah maraknya pemakaian media sosial. Orang yang menjadi influencer memiliki kewajiban untuk memengaruhi masyarakat melalui tindakannya di dunia maya.

Saat ini hampir semua perusahaan menggunakan jasa influencer karena dinilai lebih efektif dibandingkan iklan seperti biasanya.

Syarat untuk menjadi influencer adalah memiliki pengikut atau followers yang jumlahnya banyak. Influencer sangat cocok sebagai ide usaha untuk yang lebih suka beraktivitas dari rumah.

Bagaimana cara atau langkah yang harus dilakukan untuk menjadi influencer?

  • Tentukan bidang yang akan menjadi fokus Anda.
  • Buat konten yang sesuai dengan bidang yang Anda pilih.
  • Ciptakan pola komunikasi yang efektif dengan pemirsa.
  • Membangun reputasi atau citra yang baik.
  1. Menjadi Content Creator

Content creator sekarang ini menjadi salah satu profesi yang cukup digemari, terutama anak muda. Untuk saat ini ada 2 jenis media content creator yang cukup populer. Yaitu podcast dan YouTube.

Kita bahas salah satunya, yaitu YouTube. Platform ini dapat mendatangkan keuntungan bagi siapa saja yang memenuhi persyaratan. Di Indonesia sudah banyak contoh Youtuber sukses seperti Atta Halilintar, Ria Ricis, dan masih banyak lagi.

Untuk mendapatkan uang dari YouTube, Anda bisa mendaftarkan diri di Adsense. Selain itu, Anda juga bisa menjadi influencer di platform berbagi video yang satu ini.

  1. Blogger

Selain menjadi YouTuber, Anda juga bisa menjadi seorang blogger untuk mendapatkan penghasilan dari internet. Sumber penghasilan seorang blogger pun secara umum terbagi menjadi dua macam, yaitu hasil dari iklan yang dibayarkan melalui Adsense dan menjadi influencer.

  1. Toko Online

Untuk mendapatkan uang secara digital salah satunya adalah membuka toko online. Saat ini, masyarakat terutama muda-mudi lebih sering berbelanja secara online. Kemudahan dan kepraktisan membuat orang-orang beralih dari cara belanja konvensional.

Untuk berjualan bisa gunakan platform marketplace yang cukup populer di Indonesia, seperti Tokopedia, Shopee, Lazada maupun Bukalapak.

Tetapi, jika ingin memiliki toko online sendiri, sebaiknya gunakan WordPress sebagai basic. Tambahkan plugin WooCommerce untuk dapat melakukan transaksi seperti di e-commerce.

Ada beberapa hal penting yang perlu Anda perhatikan dalam membuat e-commerce sendiri, yaitu:

  • Dapat diakses dari berbagai platform.
  • Mudah dipahami oleh pengguna.
  • Memiliki halaman khusus untuk promosi.
  • Ada banyak pilihan cara pembayaran.

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut