get app
inews
Aa Read Next : Warga Tapos Ditembak Begal, Tangan Korban Sampai Patah : Kapolsek Cimanggis Langsung Buru Pelaku

Korut Berhasil Uji Coba Rudal Baru, Kim Jong-un Banggakan Militer

Jum'at, 16 Desember 2022 | 15:45 WIB
header img
Ketiga ICBM yang telah diuji Korea Utara sejauh ini, yaitu Hwasong-14, Hwasong-15 dan Hwasong-17, menggunakan propelan cair, yang menurut para ahli rudal akan memudahkan penargetan serangan pencegahan. Foto: SPF

JAKARTA, iNewsDepok.id - Korea Utara mengatakan telah berhasil menguji mesin berbahan bakar padat yang baru dikembangkan pada Kamis (15/12/2022) pagi di Sohae Satellite Launching Ground di wilayah pesisir Cholsan.

 

“Akademi Ilmu Pertahanan berhasil dalam uji tembak statis dari mesin berbahan bakar padat berdaya dorong tinggi dengan daya dorong 140tf (ton-force), yang pertama dari jenisnya di negara ini,” kata Kantor Berita Pusat Korea (KCNA), mengutip dari Russia Today.

 

Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un, hadir untuk uji tembak dan memuji militer setelah persidangan. Ia mengharapkan jenis senjata strategis baru lainnya akan muncul dalam waktu singkat.

 

Kim mengutip rencana lima tahun terbaru Korea Utara yang diluncurkan pada Januari 2021, ketika Partai Buruh yang berkuasa mengumumkan rencana untuk mengembangkan ICBM baru, senjata nuklir taktis dengan hasil lebih kecil, amunisi hipersonik, kapal selam bertenaga nuklir, dan satelit pengintai, di antara teknologi lainnya.

 

Baru-baru ini, Kim menyatakan bahwa tujuan akhir Korea Utara adalah untuk memiliki kekuatan strategis paling kuat di dunia. Namun ia mengklaim bahwa negaranya telah menjadi kekuatan nuklir penuh yang mampu melawan supremasi nuklir imperialis AS.

 

Pyongyang telah melakukan sejumlah tes senjata tahun ini, termasuk lebih dari satu peluncuran ICBM, dan banyak di antaranya sebagai pembalasan langsung atas permainan perang bersama AS-Korea Selatan yang dianggap sebagai persiapan untuk serangan.

 

Washington dan Seoul telah mengecam demonstrasi senjata tersebut, menyebutnya sebagai destabilisasi, dan berulang kali memperingatkan terhadap pengembangan lebih lanjut program rudal balistik dan nuklir Korea Utara.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut