get app
inews
Aa Read Next : Kementan dan Pemkab Banjar Bersinergi Keberlanjutan Sektor Pertanian

Syngenta Rayakan 60 Tahun Kemitraan Strategis dengan Petani, Dukung Penguatan Sektor Pertanian

Selasa, 10 September 2024 | 21:19 WIB
header img
Teknologi terdepan Syngenta, mendorong terwujudnya pembangunan ketahanan pangan Indonesia. Foto: Ist

JAKARTA, iNews Depok.id - Syngenta Indonesia hari ini, Selasa, 10 September 2024 merilis tinjauan komprehensif dalam Diskusi Media yang diselenggarakan di Hotel Intercontinental Pondok Indah, Jakarta mengenai peranan penting sektor Pertanian di Indonesia dan dunia. 

Diskusi media tersebut menyoroti komitmen perusahaan dalam mendukung sektor pertanian dan memastikan masa depan yang berkelanjutan serta mewujudkan kesejahteraan bagi para petani di Indonesia.

Di Indonesia, sektor pertanian merupakan tumpuan pembangunan nasional dengan kontribusi sekitar 13-14% terhadap PDB nasional dan berpeluang menyerap 30% angkatan kerja, terutama di daerah pedesaan. 

Diperkirakan sekitar 25 juta petani kecil memainkan peran penting dalam menyuplai pangan global maupun nasional. Hal ini menggarisbawahi peranan penting sektor pertanian dalam mendorong perkembangan ekonomi nasional.

CEO Syngenta Group, Jeff Rowe, menyatakan, “Indonesia memegang pernanan yang signifikan dalam strategi global Syngenta. Oleh karena itu, kami memegang teguh komitmen untuk memajukan keamanan pangan, meningkatkan produktivitas, serta mendorong kesejahteraan petani di Indonesia. Dengan berkolaborasi dengan mitra dan pemangku kepentingan lokal untuk mempromosikan inovasi dan adopsi praktik berkelanjutan, kami bertekad memberikan kontribusi yang berarti pada pertumbuhan dan ketahanan sektor pertanian di Indonesia dalam menghadapi tantangan dan peluang masa depan.”

Disamping potensi pertumbuhan yang sangat besar, Syngenta menyadari berbagai tantangan yang dihadapi sektor pertanian. Perubahan iklim, kelangkaan air, penurunan kesehatan tanah, dan tekanan hama yang meningkat, keterbatasan finansial, keterbatasan akses ke bahan pertanian dan pasar adalah beberapa tantangan utama yang mengancam keberlanjutan pertanian di Indonesia. Selain itu, Indonesia juga memiliki kebutuhan mendesak untuk meningkatkan keamanan pangan akibat populasi yang besar dan kerentanannya terhadap perubahan iklim.

Rowe lebih lanjut menjelaskan pendekatan strategis Syngenta untuk memastikan bahwa petani Indonesia memiliki akses ke benih terbaik, produk perlindungan tanaman, dan teknologi pertanian. Sumber daya ini dirancang untuk meningkatkan dan melindungi hasil panen, serta mempertahankan kualitas produk, sehingga berkontribusi pada keamanan pangan nasional secara keseluruhan.

Editor : M Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut