Logo Network
Network

Perang di Ukraina Terus Berkecamuk, NATO Tingkatkan Anggaran Sipil dan Militer di 2023

Benedict J. C. Pietersz
.
Kamis, 15 Desember 2022 | 07:21 WIB
Perang di Ukraina Terus Berkecamuk, NATO Tingkatkan Anggaran Sipil dan Militer di 2023
NATO berkomitmen mendukung Ukraina dengan mengirim alutsista non-mematikan, meningkatkan pertahanan dan ketahanan dunia maya, dan mendukung modernisasi sektor pertahanannya. Foto: NATO

JAKARTA, iNewsDepok.id - Pihak Sekutu telah menyetujui anggaran sipil dan militer NATO untuk tahun 2023 pada pertemuan Dewan Atlantik Utara, Rabu (14/12/2022) waktu setempat.

 

Dalam pertemuan itu, anggaran sipil NATO ditetapkan sebesar €370,8 juta dan anggaran militer ditetapkan sebesar €1,96 miliar.

 

Mengutip dari situs resmi NATO, anggaran sipil menyediakan dana untuk personel, biaya operasi, dan pengeluaran program Markas Besar NATO dan Staf Internasionalnya.

 

Sementara anggaran militer mencakup biaya operasi markas, misi, dan operasi Struktur Komando NATO di seluruh dunia.

 

Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg menyambut baik kesepakatan anggaran untuk tahun 2023. 

 

Menurutnya, ini adalah ekspresi nyata dari ambisi yang ditetapkan oleh Kepala Negara dan Pemerintahan Sekutu pada KTT Madrid pada Juni lalu.

 

"Kita harus terus berinvestasi lebih banyak dan lebih baik bersama di NATO. Hanya Amerika Utara dan Eropa, yang bekerja sama dalam NATO yang kuat, yang dapat menjaga keamanan satu miliar orang kita di dunia yang lebih berbahaya," katanya.

 

Dalam KTT Madrid, NATO menyatakan bertekad memperkuat pertahanan jangka panjangnya di seluruh domain darat, udara, maritim, dunia maya, dan luar angkasa.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News

Bagikan Artikel Ini