get app
inews
Aa Read Next : Rumah Tajwid Asal Depok Gelar Pengajian di Jerman Diikuti 150 WNI

Eropa Makin Panas, Jerman Dukung Ukraina Serang Wilayah Rusia

Kamis, 08 Desember 2022 | 13:28 WIB
header img
Jerman mendukung Ukraina menggempur wilayah Rusia. Foto: Istimewa

JAKARTA, iNewsDepok.id - Juru Bicara Pemerintah Jerman mengatakan pada Rabu (7/12/2022) waktu setempat bahwa Kiev tidak harus membatasi upaya perangnya di wilayah Ukraina saja. Ukraina bisa menggempur wilayah Rusia.

"Ukraina memiliki hak untuk membela diri berdasarkan Pasal 51 Piagam PBB," kata Juru Bicara Pemerintah Jerman Steffen Hebestreit seperti dikutip dari Russia Today, ketika diminta mengomentari laporan ledakan di lapangan terbang Rusia.

"Ukraina tidak berkewajiban membatasi upaya pertahanan di wilayahnya sendiri."

Dua pangkalan pembom strategis di wilayah Ryazan dan Saratov diserang oleh drone pada Senin pagi, menurut Kementerian Pertahanan Rusia. Tiga anggota dinas tewas dan beberapa lainnya luka-luka, sementara dua pesawat rusak ringan.

Serangan itu terjadi pada hari yang sama dengan pengungkapan bahwa AS telah memodifikasi peluncur roket HIMARS sehingga Ukraina tidak dapat menggunakannya untuk rudal jarak jauh. Hal ini dilakukan karena Gedung Putih ingin menghindari eskalasi dengan Kremlin.

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken sebelumnya mengatakan Washington tidak mendorong atau memungkinkan Ukraina menyerang di dalam Rusia, tetapi sebaliknya memberi mereka peralatan yang mereka butuhkan untuk mempertahankan diri.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut