get app
inews
Aa Read Next : Himpunan Mahasiswa Pascasarjana Indonesia Ajak Masyarakat Jaga Kondusifitas Sidang Sengketa Pilpres

Pasangan Duet Prabowo-Ganjar Raih Suara Tertinggi Menurut Survei MIPOS

Sabtu, 03 Desember 2022 | 12:12 WIB
header img
Prabowo-Ganjar Raih Suara Terbanyak di Survei MIPOS. Foto: SINDOnews.com

JAKARTA, iNewsDepok.id - Lembaga survei Merdeka Institute for Public Opinion Survey (MIPOS) merilis hasil riset tentang kecenderungan pilihan pemilih jelang Pemilu 2024. Hal yang menarik ditemukan mereka saat mereka melakukan uji coba dalam pasangan duet Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo.

Peneliti Senior MIPOS Edwin A Sarif mengatakan banyak responden yang menjawab setuju dengan uji coba ini. Ada sebanyak 65,8% responden yang setuju.

“Ketika kepada responden ditanyakan apakah setuju atau kurang setuju jika Prabowo berpasangan dengan Ganjar pada Pilpres 2024 nanti, sebanyak 65,8 persen menyatakan setuju,” ujarnya dalam pemaparan hasil survei, Jumat (2/12/2022).

“Hanya 30,2 persen yang menjawab kurang setuju dan 4 persen responden tidak memberikan jawaban atau tidak tahu,” tuturnya.

Kemudian MIPOS tidak hanya melakukan uji coba dengan pasangan tersebut dan hasil yang mereka temukan pun beragam, saat diuji coba dengan pasangan Prabowo-Ganjar VS Anies-AHY ada sebanyak 47,9% responden yang memilih pasangan Prabowo-Ganjar.

Edwin menjelaskan banyaknya suara yang diterima oleh Prabowo-Ganjar merupakan hasil dari bentuk promosi politik yang dilakukan Jokowi untuk Pilpres 2024 nanti.

“Jika kedua tokoh pilihan Jokowi itu berpasangan maka hampir pasti mayotitas mutlak pendukung Jokowi pada Pilpres 2024 akan memilih pasangan tersebut,” katanya.

Survei MIPOS dilakukan pada tanggal 1-12 November 2022 kemarin, sampel diambil dari 34 provinsi yang ada diseluruh Indonesia. Populasi surve ini juga merupakan penduduk Indonesia yang sudah berusia 17 tahun dan yang belum 17 tahun namun sudah menikah.

Total ada 1200 responden yang diambil secara acak dan tingkat kepercayaan sistem ini bernilai 95%.

Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara tatap muka dengan responden, dilaksanakan oleh tenaga terlatih dengan pedoman kuesioner.

 

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut