get app
inews
Aa Read Next : Didominasi Hawa Nafsu, Hubungan Tak Akan Langgeng

Ini 5 Tanda Orang Manipulatif, Nomor 1 Harapkan Timbal Balik

Kamis, 01 Desember 2022 | 06:33 WIB
header img
Ilustrasi. Foto: Freepik

DEPOK, iNewsdepok.idManipulatif adalah strategi atau tindakan seseorang untuk mengendalikan orang lain. Manipulator menggunakan cara yang bisa menyerang mental dan emosi orang lain untuk keuntungan pribadi.

Tindakan manipulasi bisa dilakukan secara sadar dan tidak sadar. Berikut 5 tanda kamu orang yang manipulatif tanpa sadar.

1. Mengharapkan timbal balik

Tanda yang pertama, kamu mengharapkan timbal balik. Ketika kamu melakukan sesuatu untuk seseorang, kamu mengharapkan dia juga melakukan hal yang sama ke kamu atau bahkan lebih.

2. Pura-pura khawatir

Kamu mungkin gak sadar, tapi jika kamu sering pura-pura khawatir atau peduli sama masalah orang lain, itu bisa jadi tanda kamu orang yang manipulatif.

Misalnya, teman kamu baru aja cerita kalau dia punya masalah yang berat hari ini. Ketimbang kamu  memberi waktu dia untuk sendiri atau menghibur dia, justru kamu minta dia melakukan sesuatu buat kamu.

3. Mengubah aturan yang gak sesuai sama kemauan kamu

Kalo kamu tipe orang yang suka mengubah aturan semaunya, bisa jadi kamu orang yang manipulatif. Kamu yang buat aturan, tapi karena gak berjalan sesuai keinginan kamu, tiba-tiba kamu ubah gitu aja tanpa kompromi sama orang yang bersangkutan.

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut