get app
inews
Aa Read Next : Penikmat Kopi Bakal Menangis, 60 Jenis Pohon Kopi akan Musnah Akibat Krisis Iklim

Konsumsi Madu Bisa Kontrol Gula Darah dan Kolesterol

Rabu, 30 November 2022 | 06:01 WIB
header img
Manfaat madu. Foto: freepik

DEPOK, iNewsDepok.id – Sebuah analisis dari Universitas Toronto yang menganalisis data temuan dari 18 uji coba terkontrol yang melibatkan 1.105 peserta, menemukan bahwa madu dapat membantu mengelola kadar kolesterol atau gula darah yang tinggi.

Madu memiliki manfaat yang sangat baik bagi tubuh walaupun sebagai gula tambahan. Terkadang beberapa orang cenderung menghindari gula tambahan demi menjaga kadar gula darah.

Melansir dari WebMD.com, peneliti menemukan bahwa madu mentah yang ditemukan dari satu sumber bunga memiliki manfaat dalam menurunkan glukosa darah puasa meningkatkan kesehatan jantung dengan menurunkan kadar kolesterol.

Manfaat madu mentah tentunya sangat baik dibandingkan dengan madu olahan, ketika madu tersebut berasal dari satu bunga, terutama semanggi dan robinia. Para ahli diet merekomendasikan untuk menambah gula tambahan seperti madu sebanyak kurang dari 10% kalori harian.

Tauseef Khan, PhD, peneliti senior di Fakultas Kedokteran Universitas Toronto menjelaskan bukan berarti harus mulai menghindari gula sama sekali, tetapi cobalah untuk mengganti pemanis tambahan apapun seperti gula atau sirup menjadi madu. Karena madu dapat menurunkan resiko kardiometabolik.

"Takeaway lebih tentang penggantian - jika Anda menggunakan gula meja, sirup atau pemanis lain, mengganti gula tersebut untuk madu dapat menurunkan risiko kardiometabolik,” kata Tauseef Khan seperti dikuip dari laman WebMD, Selasa, (22/11/2022).

Penyakit kardiometabolik sendiri merupakan kondisi umum yang mencakup serangan jantung, strok, diabetes, resistensi insulin dan penyakit hati. Sebagian besar penyakit ini dapat dicegah dengan mengganti pemanis tambahan dengan madu.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut