get app
inews
Aa Read Next : Produsen Teknologi Sensor Vega Bidik Pertumbuhan Pasar Industri di Indonesia

Ukraina Terancam, Warga Jerman Mulai Terbelah Soal Dukungan Negaranya

Senin, 28 November 2022 | 08:10 WIB
header img
Bantuan militer Jerman untuk Ukraina berasal dari pasokan Angkatan Bersenjata Federal dan dari pengiriman dari industri yang dibiayai dari dana Pemerintah Federal untuk pembangunan kapasitas keamanan. Foto: Missilery

JAKARTA, iNewsDepok.id - Melonjaknya harga energi yang didorong oleh sanksi terhadap minyak dan gas Rusia bukanlah faktor utama di balik kekecewaan Jerman dalam membantu Ukraina dalam konflik yang sedang berlangsung, menurut jajak pendapat baru-baru ini yang dilakukan oleh Washington Post.

Sebaliknya, outlet tersebut menemukan keengganan umum terhadap intervensi militer yang terjadi setelah kekalahan negara itu dalam Perang Dunia II berada di balik keengganan mereka untuk menandatangani cek kosong ke Kiev.

Sementara sebagian besar - 91% - responden Jerman menyatakan simpati untuk Ukraina, lebih dari setengah (54%) mengatakan negara mereka melakukan cukup (37%) atau terlalu banyak (17%) dalam hal bantuan militer dan kemanusiaan, menurut ke jajak pendapat, seperti dikutip dari Russia Today.

Sementara sekitar sepertiga dari mereka yang disurvei menentang setiap kebijakan, mereka yang menyatakan dukungan tidak terlalu antusias, dan ada perbedaan tajam dalam sentimen antara Timur yang dulunya sosialis dan Barat di negara tersebut. Lebih dari setengah (52%) orang Jerman Timur mengatakan mereka menentang peningkatan bantuan militer ke Ukraina, dibandingkan dengan hanya 27% orang Jerman Barat.

Mencoba menjelaskan keengganan Jerman untuk meningkatkan upaya militer Ukraina, Post mengklaim sikap anti-militeristik umum setelah Perang Dunia II mungkin salah satu alasan untuk ini. Surat kabar itu menunjukkan bahwa bahkan intervensi yang disetujui NATO di mana Berlin telah menyumbangkan pasukan dan sumber daya telah terbukti sangat tidak populer di kalangan warga Jerman setelah periode singkat dukungan publik.

Namun, Berlin telah menjadi salah satu pendukung kuat Kiev selama konfliknya dengan Rusia, memasok unit pertama sistem pertahanan udara IRIS-T yang canggih untuk pasukan Ukraina bulan lalu. Tiga unit lagi, yang terdiri dari kendaraan komando, kendaraan radar, dan peluncur yang dipasang di truk, diharapkan tiba di negara itu pada tahun 2023.

Sementara itu,militer Jerman sendiri belum menerima sistem IRIS-T berbasis darat, membuat beberapa politisi meningkatkan kekhawatiran bahwa negara itu mempersenjatai Ukraina dengan mengorbankan kemampuan pertahanannya sendiri.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut