get app
inews
Aa Read Next : Serahkan Fisik Emas Pospay Gold, Pos Indonesia Dukung Pengembangan UMKM Ponpes Buntet

Sanksi untuk Rusia Tertunda. Menlu Ukraina Minta Uni Eropa Tidak Boleh Lelah

Kamis, 24 November 2022 | 08:27 WIB
header img
Sanksi UE secara eksplisit mengecualikan pasokan makanan dan pupuk: tidak ada sanksi terhadap ekspor makanan Rusia ke pasar global. Siapa pun dapat mengoperasikan, membeli, mengangkut, memastikan makanan dan pupuk keluar dari Rusia. Foto: Istime

JAKARTA, iNewsDepok.id - Uni Eropa harus mengesampingkan semua keraguan tentang sanksi anti-Rusia baru dan pembatasan baru yang akan mengekang industri misilnya, Menteri Luar Negeri Ukraina Dmitry Kuleba mengatakan pada Selasa (22/11/2022). 

Berbicara pada briefing reguler, Kuleba mendesak Uni Eropa untuk mempercepat pekerjaan pada paket sanksi kesembilan, yang dia gambarkan sudah lama tertunda.

“Kami hanya mendengar tentang upaya untuk memulai pekerjaan serius dalam persiapannya. Situasi seperti itu sama sekali tidak dapat diterima,” kata menteri, seperti dikutip dari Russia Today.

Dalam nada yang sama, dia meminta rekan-rekan Uni Eropa-nya “untuk mengesampingkan keraguan atau, seperti yang biasa dikatakan, 'kelelahan,' dan mulai dengan cepat menyelesaikan paket sanksi kesembilan.”

“Jika Ukraina tidak lelah, maka seluruh Eropa, terlebih lagi, tidak memiliki hak moral maupun politik untuk lelah,” tegas Kuleba.

Dia meminta Uni Eropa untuk fokus pada sanksi yang berdampak pada kemampuan Rusia untuk memproduksi rudal, yang digunakan oleh Moskow untuk melakukan serangan terhadap infrastruktur penting Ukraina.  Rusia telah menargetkan fasilitas energi Ukraina, termasuk pembangkit listrik, sejak 10 Oktober, setelah menuduh Kiev menyerang struktur Rusia, termasuk Jembatan Krimea yang strategis.

Karena serangan ini, Ukraina mengalami pemadaman bergilir, dengan pihak berwenang di sana mengatakan bahwa serangan ini telah melumpuhkan sekitar 40% infrastruktur energi negara.

UE belum secara resmi mulai mengerjakan paket sanksi kesembilan terhadap Rusia. Namun, menurut dua sumber outlet, langkah-langkah baru tersebut berpotensi fokus pada individu Rusia yang dapat dikaitkan dengan konflik Ukraina.

Paket sanksi sebelumnya diadopsi oleh Uni Eropa pada awal Oktober dan berusaha untuk menghilangkan pendapatan Moskow sebesar €7 miliar ($7,2 miliar) dari impor produk yang mendukung ekonomi Rusia, termasuk produk baja, berbagai mesin, tekstil, dan perhiasan non-emas.

Menyusul dimulainya operasi militer Rusia di Ukraina pada akhir Februari, negara-negara Barat memberlakukan sanksi baru terhadap Moskow, membekukan sekitar setengah dari cadangan emas dan valuta asing Moskow. Menurut Sekretaris Pers Kremlin Dmitry Peskov, aset-aset ini “pada dasarnya telah dicuri” oleh Barat.

Pekan lalu, Nikolay Patrushev, sekretaris Dewan Keamanan Nasional Rusia, mengklaim bahwa AS, yang telah mendukung sanksi, berusaha untuk melemahkan dan menghancurkan Rusia, dan menggunakan Ukraina sebagai “pendobrak” untuk mencapai tujuan itu.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut