get app
inews
Aa Read Next : 5 Kesalahan dalam Menurunkan Kolesterol Tinggi, Hasilnya Tak Kunjung Turun

Kolesterol Tinggi Bisa Dialami Orang Muda, Meningkat Seiring Usia

Minggu, 20 November 2022 | 09:54 WIB
header img
Kolesterol bisa dialami usia muda, yang akan meningkat seiring bertambah usia. Foto: Freepik/rawpixel

DEPOK, iNewsDepok.id - Jangan anggap sepele penyakit kolesterol tinggi, akrena bila tidak ditangani penyakit ini bisa berbahaya. Penyakit kolesterol tinggi disebabkan gaya hidup dan pola makan yang tidak sehat, yang biasanya dialami orang tua atau lanjut usia.

Namun, ternyata penyakit ini juga bisa dialami oleh orang usia muda. Benarkah demikian?

Jurnal bertajuk Hubungan Umur, Jenis Kelamin, dan Kegemukan dengan Kadar Kolesterol menunjukkan klausul usia dengan kadar kolesterol. Biasanya kadar kolesterol mulai meningkat ini pada usia tua karena adanya penurunan fisik sehingga kecenderungan terserang penyakit lebih besar.

Di sisi lain, tak sedikit kaum muda yang menderita kolesterol tinggi karena pola hidup yang tidak teratur. Hal tersebut didapat dalam sebuah penelitian yang dilakukan di SMA Negeri 1 Sei Raya, Kalimantan Barat, terhadap beberapa guru.

Kadar kolesterol tinggi muncul di kelompok usia 21 sampai 30 tahun dengan persentase 4,3%. Sementara persentase tertinggi yakni 34,8% diperoleh dari kelompok usia 51 sampai 60 tahun.

Penelitian lain dari Kota Bandar Lampung menganalisis data hubungan usia dengan kadar kolesterol terhadap 400 responden dari kelompok usia yang berbeda. Yakni kelompok remaja dari usia 10-24 tahun, dewasa 25-44 tahun, dan tua 45-46 tahun.

Dari penelitian tersebut disimpulkan semua usia yang didata punya kecenderungan terjangkit kolesterol tinggi. Meski angka tertinggi penderita kolesterol dipegang usia tua, masa usia remaja juga menderita kolesterol meskipun persentasenya kecil.

Semakin bertambahnya usia juga akan mempertinggi kemungkinan terjangkit kadar kolesterol tinggi, sehingga pola hidup sehat musti dijalankan.

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut