get app
inews
Aa Read Next : Wakil Walikota Depok Imam Budi Hartono Berikan Bantuan dan Janjikan Perbaikan Rumah Korban Bencana

5 Bencana Alam Paling Mengerikan di Indonesia

Senin, 14 November 2022 | 19:29 WIB
header img
bencana alam paling mengerikan di Indonesia. Foto: pexels.com

DEPOK, iNewsDepok.id – Bencana alam paling mengerikan di Indonesia.  Posisi Indonesia yang berada di wilayah cincin api membuat Indonesia tak lepas dari bencana. Karena hal itulah Indonesia rawan mengalami bencana.

Dikutip dari situs Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Indonesia berlokasi di pertemuan tiga lempeng tektonik, lempeng Eurasia, lempeng Indo-Australia, dan lempeng Pasifik.

Kondisi inilah yang menimbulkan potensi bencana alam seperti gunung berpi, tsunami, banjir, dan tanah longsor.

5 bencana alam paling mengerikan di Indonesia:

1. Gempa dan Tsunami Aceh

Gempa terjadi pada 24 Desember 2004, lebih tepatnya pada pukul 07:58:53WIB, yang disusul oleh tsunami besar yang menghancurkan sebagian besar wilayah di Banda Aceh.

Dikutip dari Jurnal “Tsunami Aceh 2004 Sebagai Dasar Penataan Ruang Kota Meulaboh”, gempa tektoniknini berpusat di Smudera Hindia dengan kekuatan 9,1 Mw. Juga gelombang tsunami yang timbul setinggi 30 meter menyebabkan gempa ini disebut sebagai gempa terbesar ke-5 yang pernah terjadi dalam sejarah.

2. Letusan Gunung Krakatau

Letusan Gunung Krakatau terjadi pada 26 dan 27 Agustus 1883. Letusan ini membuat wilayah Pulau Jawa dan Sumatera terpisah, karena Krakatau sendiri berada di tengah antara kedua pulau tersebut.

Akibat dari letusan tersebut, ribuan orang meninggal akibat gelombang panas dan menyebabkan tsunami yang menghancurkan pulai-pulai di sekitar Krakatau.

3. Tsunami Flores

Pada 12 Desember 1992, gempa berkekuatan 6,8 skala liter mengguncang Laut Flores. Pusat gempa terletak di kedalaman laut, 35 km arah barat Kota Maumere, tepatnya pukul 13.29 WITA.

Gempa ini menyebabkan tsunami setinggi 30 meter yang meluluhlantahkan rumah.

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut