get app
inews
Aa Read Next : Wakil Walikota Depok Imam Budi Hartono Berikan Bantuan dan Janjikan Perbaikan Rumah Korban Bencana

Tim Penyelamat Tiongkok Hadapi Cuaca Dingin untuk Temukan Korban Gempa

Rabu, 20 Desember 2023 | 16:43 WIB
header img
Anggota tim Penyelamat Langit Biru bekerja dengan anjing penyelamat saat mereka mencari melalui puing-puing di desa Hanshanjia setelah gempa bumi di wilayah Jishishan, provinsi Gansu, Tiongkok 19 Desember. Foto: Reuters/Ist

DEPOK, iNewsDepok.id - Menantang kondisi di bawah nol derajat, ribuan tim penyelamat menghadapi tugas berat pada Rabu untuk menemukan dan merawat korban gempa kuat yang mengguncang daerah terpencil di provinsi Gansu di barat laut Tiongkok lebih dari sehari yang lalu.

 

Dilansir Reuters Rabu (20/12/2023), Gempa bumi berkekuatan 6,2 skala Richter mengguncang daerah Jishishan dekat perbatasan yang melintasi provinsi Gansu dan Qinghai satu menit sebelum tengah malam pada hari Senin, menyebabkan warga yang ketakutan keluar rumah dan kedinginan di tengah malam.

 

Bencana ini merusak jalan, saluran listrik dan air, menghancurkan lebih dari 150.000 rumah, dan memicu tanah longsor.

 

Tanggap darurat telah diaktifkan, dengan berbagai departemen mengirimkan ribuan personel ke zona bencana pegunungan untuk mencari korban selamat dan memukimkan kembali mereka.

 

Daerah yang dilanda gempa secara geografis merupakan zona transisi antara dua dataran tinggi, dengan ketinggian berkisar antara 1.800 hingga 4.300 meter (5.906 hingga 14.108 kaki) dengan topografi yang "sangat kompleks", kata televisi pemerintah CCTV.

 

Pemulihan dari gempa bumi yang terjadi pada Senin malam semakin terkendala oleh cuaca dingin yang melanda sebagian besar wilayah Tiongkok sejak minggu lalu. Suhu di sekitar pusat gempa di Gansu turun menjadi sekitar minus 15 derajat Celcius (5 derajat Fahrenheit) pada Selasa malam saat tim penyelamat melanjutkan pekerjaan mereka.

 

Menurut media lokal yang mengutip para peneliti, orang-orang yang terjebak di bawah reruntuhan yang terkena suhu minus 10 derajat Celcius tanpa bantuan, berisiko terkena hipotermia dan hanya dapat bertahan hidup antara lima hingga 10 jam jika tidak terluka.

 

Di Gansu, 113 orang ditemukan tewas pada Rabu pukul 09.00 (01.00 GMT), dan 782 orang terluka, kata pihak berwenang.

 

Jumlah korban tewas di Qinghai meningkat menjadi 18 orang dan 198 orang terluka pada pukul 5:30 pagi hari Rabu.

 

Tujuh puluh delapan orang telah diselamatkan di Gansu, kata CCTV.

 

Gempa bumi biasa terjadi di provinsi seperti Gansu, yang terletak di perbatasan timur laut dataran tinggi Qinghai-Tibet yang aktif secara tektonik. Gempa paling mematikan di Tiongkok dalam beberapa dekade terakhir terjadi pada tahun 2008 ketika gempa berkekuatan 8,0 skala Richter melanda Sichuan, menewaskan hampir 70.000 orang.

 

Suhu dingin yang membekukan bukan satu-satunya kekhawatiran yang membebani tim penyelamat dan kelompok kerja dalam menilai situasi.

 

Biro Seismologi Provinsi Gansu mengatakan melalui analisis komprehensif, gempa susulan kuat berkekuatan 5 skala Richter masih mungkin terjadi di sekitar wilayah tersebut dalam beberapa hari mendatang, berdasarkan karakteristik gempa Senin, aktivitas seismik historis, dan faktor lainnya.

 

Gempa susulan akan dilacak dengan cermat untuk mengeluarkan peringatan dini, kantor berita resmi Xinhua mengutip pernyataan wakil direktur biro tersebut.

 

Pada Rabu pagi, terjadi dua gempa susulan berkekuatan 4,0 ke atas, dan delapan gempa berkekuatan 3,0 ke atas, kata Pusat Jaringan Gempa Tiongkok.

 

Gempa di wilayah Jishishan, Gansu, terjadi pada kedalaman 10 km (6,2 mil), yang oleh para ahli dianggap dangkal. Gempa bumi dengan titik fokus dangkal dapat dengan mudah menyebabkan kerusakan besar pada tanah, lapor Xinhua mengutip seorang insinyur senior di China Seismological Network Center.

 

Pasokan beras, tepung dan minyak di Jishishan Gansu mencukupi dengan harga pasar yang stabil, kata cadangan biji-bijian negara dan lembaga pengolahan makanan, yang telah mengatur gudang untuk mengirimkan pasokan darurat ke daerah yang dilanda gempa.

 

Dalam jarak 50 km dari pusat gempa di provinsi tetangga Qinghai, gempa bumi berdampak pada 22 kota dan desa, namun dari jumlah tersebut, dua desa mengalami kerusakan terparah.

 

Kabupaten Minhe di Qinghai sebelumnya mencatat 20 orang hilang dari dua desa, di mana tanah longsor melanda dan mengubur banyak bangunan di lumpur coklat. Operasi pencarian dan penyelamatan serta upaya untuk memukimkan kembali penduduk terus berlanjut ketika tayangan media pemerintah menunjukkan buldoser mengeluarkan lumpur tebal.

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut