get app
inews
Aa Read Next : Bagus Maulana Iskandar, Ikut Bangun Kota Depok Lewat Jasa Konstruksi

UU Baru Disahkan DPR, Kejaksaan Kini Bisa Menyadap

Selasa, 07 Desember 2021 | 17:14 WIB
header img
Sidang Paripurna DPR RI (Foto: Sindonews)

Jakarta, iNews.id - DPR RI mensahkan Rancangan Undang-undang (RUU) Kejaksaan menjadi undang-undang pada sidang paripurna, Senin (7/12/2021).

UU ini memberikan kewenangan yang lebih kepada kejaksaan dibanding yang diatur dalam UU pendahulunya, yakni UU Nomor 16 Tahun 2004.

Saat membacakan laporan hasil pembahasan RUU itu dengan pemerintah, sebelum RUU disahkan, Wakil Ketua Komisi III DPR RI Adies Kadir mengatakan, ada sejumlah tugas dan wewenang Kejaksaan yang diubah dalam undang-undang ini.

Di antaranya adanya penambahan kewenangan pemulihan aset, kewenangan bidang intelijen penegakkan hukum yang pengaturannya tetap menyesuaikan dengan undang-undang yang mengatur tentang intelijen negara, kewenangan dalam penyelenggaran kesehatan yustisial kejaksaan, dan kewenangan melakukan mediasi Penal.

"Jaksa juga berwenang melakukan sita eksekusi, dan melakukan penyadapan berdasarkan undang-undang khusus yang mengatur mengenai penyadapan dan menyelenggarakan pusat pemanatauan di bidang pidana," imbuhnya.

UU baru ini juga mengatur modifikasi pelaksanaan tugas dan wewenang jaksa, seperti penegasan pelaksanaan diskresi jaksa dalam menjalankan tugasnya dengan memperhatikan peraturan perundang-undangan dan kode etik yang berlaku.

"Selain itu, untuk mewujudkan asas peradilan cepat, mudah dan berbiaya ringan, penuntut umum dapat mendelegasikan sebagian kewenangan penuntutan kepada penyidik untuk perkara tindak ringan," imbuhnya.

RUU ini disahkan karena disetujui oleh seluruh anggota DPR yang menghadiri sidang paripurna. Sidang ini dipimpin Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad. (mmn)

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut