get app
inews
Aa Read Next : Nabung Dapat Tiket, OCBC Kembali Hadirkan Konser Musik Internasional 'Premium Music Experience 2024'

Covid Kembali Melonjak, Disparekraf DKI Jakarta Keluarkan SK Baru Terkait Konser Musik

Sabtu, 12 November 2022 | 05:49 WIB
header img
Konser Musik. Foto: Istimewa

JAKARTA, iNewsDepok.id - Melalui Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Pemprov DKI Jakarta menerbitkan Surat Keputusan (SK) No e-1963/PW.01.02 Tahun 2022 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 1 Corona Virus Disease 2019 Pada Sektor Usaha Pariwisata. 

Dalam SK tersebut adanya penambahan persyaratan kepada penyelenggara event musik, diantaranya ialah pembatasan kapasitas penonton.

Keputusan ini telah sesuai dengan Instruksi dari Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 47 Tahun 2022 Tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Pada Kondisi Corona Virus Disease 2019 di Wilayah Jawa dan Bali serta Keputusan Gubernur (Kepgub) Nomor 1109 Tahun 2022 Tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 1 Corona Virus Disease 2019.

Kepala Disparekraf DKI Jakarta Andhika Permata mengatakan pembatasan dilakukan untuk upaya mitigasi dampak aktivitas penyelenggaraan event musik yang menimbulkan kerumunan dan potonsi kerawanan serta keamanan, kenyamanan, dan keselamatan pengunjung. 

“Penyelenggara wajib melakukan pengaturan pengunjung atau Crowd Control Management sesuai dengan jumlah pengunjung. Selain itu, aplikasi PeduliLindungi juga wajib digunakan untuk melakukan skrining. Sehingga yang diizinkan masuk hanya pengunjung dan karyawan dengan kategori hijau saja,” kata Andhika, Jumat (11/11/2022).

Andhika juga menjelaskan beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penyelenggaraan konser musik di Jakarta yaitu, penyelenggara event wajib membatasi pengunjung dengan kapasitas maksimal 70 persen dengan jam operasional mulai dari pukul 11.00 WIB sampai dengan pukul 24.00 WIB.

Selain itu, penyelenggara juga berkewajiban melengkapi surat rekomendasi dari Satgas Covid-19, Tanda Daftar Pertunjukan Temporer (TDPT), serta izin keramaian dari otoritas kepolisian.

Editor : M Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut