get app
inews
Aa Read Next : Pertemuan Menteri Hukum ASEAN, Indonesia Mendorong Penyelesaian Perjanjian Ekstradisi

Kemenkumham Siap Terima Naturalisasi Pemain Bola Shayne Pattynama

Kamis, 10 November 2022 | 12:21 WIB
header img
Shayne Elian Jay Pattynama akan siap bergabung dengan Timnas Indonesia. Instagram: s.pattynama

Dalam kesempatan ini, Direktur Tata Negara Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum, Kementerian Hukum dan HAM Baroto menegaskan, proses naturalisasi merupakan salah satu kebijakan Pemerintah di bidang kewarganegaraan.

“Mekanisme naturalisasi berdasarkan Pasal 20 Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2006 tentang Kewarganegaraan Republik Indonesia dapat diberikan kepada orang asing atas dasar kepentingan negara atau jasa yang luar biasa sehingga negara kemudian dapat memberikan kewarganegaraan kepadanya ,” jelas Direktur Tata Negara, Baroto, kepada iNews Depok, Kamis (10/11/2022).

Baroto menambahkan, pihaknya memiliki tugas dan fungsi di bidang kewarganegaraan, termasuk dalam hal ini pemberian naturalisasi bagi pemain asing. Naturalisasi terhadap pemain asing ini menjadi salah satu upaya untuk kepentingan kemajuan olahraga nasional.

Kendati demikian, pengajuan naturalisasi pamain asing selain mempertimbangkan prestasi juga tetap harus mempertimbangkan aspek normatif kewarganegaraan berikut kelengkapan dokumen persyaratannya. Hal ini juga berlaku bagi Shayne Elian Jay Pattynama serta atlet lainnya yang terlebih dahulu sudah menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) melalui naturalisasi.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut