get app
inews
Aa Read Next : Fahmi Idris meninggal di ICU RS Medistra

Begini Inovasi RS Medistra Tingkatkan Kualitas Layanan

Selasa, 07 Desember 2021 | 08:34 WIB
header img
Inovasi terus dilakukan RS Medistra untuk meningkatkan kualitas layanan. (Foto: Ist)

JAKARTA, iNews.id - Rumah Sakit Medistra terus berupaya meningkatkan inovasi demi kualitas layanan yang semakin baik. Salah satu caranya dengan menggelar simposium dengan menggandeng industri farmasi dan produsen alat kesehatan. Simposium memaparkan perkembangan ilmu kedokteran terbaru sebagai bagian dari inovasi RS Medistra.

“Kita harus mampu menjawab tuntutan perubahan kondisi kesehatan, perkembangan teknologi medis, dan kebutuhan masyarakat akan informasi kesehatan yang tepat,” kata Dr. Dini Handayani, MARS, FISQua, Direktur RS Medistra kepada wartawan, Selasa (05/12/2021).

Untuk itu upgrade terus dilakukan. Salah satunya dengan rutin menggelar simposium. 

Simposium baru-baru ini diadakan secara daring, tanggal 27 November 2021. Simposium sekaligus merupakan acara puncak peringatan hari ulang tahun ke-30 RS Medistra.


RS Medistra (Foto: Ist)

Dalam simposium, RS Medistra menggandeng Ikatan Dokter Indonesia dan berbagai industri farmasi serta alat kesehatan (alkes). Sebanyak 485 orang menjadi peserta yang terdiri dari dokter spesialis dan dokter umum dari seluruh Indonesia.

“Simposium dibawakan oleh para guru besar, dan dokter spesialis dari masing masing Centers of Excellence (CoE) RS Medistra yaitu Kardiologi, Onkologi, Orthopedi; Gastroenterologi; Penyakit tropik dan infeksi,” tutur Dini. 

Lima pembicara utama berkaliber internasional membagikan ilmu dan pengalamannya masing-masing. Mereka adalah Nicolaas C. Budhiparama, MD,PhD, SpOT(K), FICS; Dr. dr. C. Renaldi A. Lesmana, SpPD-KGEH, FACP, FACG, FINASIM; dr. Adityo Susilo SpPD, KPTI, FINASIM; Prof. Dr. T. Santoso S, MD,FACC, FESC; dr. Nadia Ayu Mulansari, SpPD, KHOM.

“Kami berharap dengan lima CoE dari RS Medistra ini dapat terus memberikan pelayanan kesehatan terbaik dan makin banyak masyarakat Indonesia yang dapat menikmati pelayanan kesehatan dari kami (RS Medistra, Red),” cetus Dini.

Simposium juga dihadiri Ketua PB IDI, Dr. Daeng Faqih, SH., MH. Daeng menyatatakan simposium menunjukan, Indonesia memiliki teknologi dan para dokter yang mumpuni. “CoE RS Medistra dan para pakarnya juga tidak tertinggal dan memiliki kemampuan yang baik dan sama dengan sarana dan prasarana di kancah dunia,” kata Daeng

Ia mendukung simposium untuk terus dikembangkan. Tujuannya agar Indonesia dapat memiliki daya saing dengan dunia medis dari luar negeri. 

“Kita perlu melakukan berbagai cara yang tidak melanggar etik, sehingga semua informasi tentang pelayanan kesehatan di Indonesia harus sampai ke masyarakat dan dokter di seluruh tanah air. Hal ini perlu dilakukan agar masyarakat tidak sedikit-sedikit memilih pengobatan keluar negeri padahal banyak pelayanan di rumah sakit di dalam negeri yang bagus,” tegasnya.


Peralatan medis dan penunjang medis yang mutakhir (Foto: Ist)

Dalam kesempatan itu, Daeng Faqih menyinggung wisata Kesehatan. Guna mengembangkan wisata kesehatan, pihaknya telah berkomunikasi dengan berbagai kementerian, seperti Kementerian Kesehatan RI; Kementerian Kemaritiman dan Investasi RI; Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/ Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif tentang wisata kesehatan.  

“IDI sudah banyak bicara dengan beberapa kementerian untuk mecoba mendorong strategi terkait wisata kesehatan. Hal ini perlu agar kita memiliki daya saing dengan luar negeri  dan mulai nampak,” ungkapnya. 

RS Medistra merupakan rumah sakit swasta yang menyediakan berbagai pelayanan untuk menangani berbagai macam penyakit.  Lima layanan unggulan RS Medistra yaitu di bidang Kardiologi, Onkologi-Hematologi , Orthopedi, Gastroenterologi dan Penyakit tropik dan infeksi. Pelayanan ini mulai dari deteksi dini, terapi invasif (bedah) dan terapi non invasif, hingga perawatan paliatif.

Sebagai rumah sakit yang modern dan nyaman, RS Medistra didukung oleh para profesor, konsultan, serta dokter spesialis yang mumpuni dan memiliki prestasi baik di dalam maupun luar negeri . Mereka sangat berpengalaman untuk  memberikan pelayanan paripurna sebagai upaya preventif (deteksi dini), kuratif (pengobatan) serta rehabilitatif (pemulihan) 

RS Medistra dilengkapi berbagai macam peralatan medis dan penunjang medis yang mutakhir  diantaranya seperti CathLab (CorAngiography,Percutaneus Coronary Intervention(PCI), Cononary Artery Bypass Graft (CABG), echocardiography, ESWL, Gastros & colonoscopy, MSCT 256 Slices, MRI 1.5 Tesla, MRI G-SCAN Esaote, dan berbagai macam alat medis yang canggih serta unit penunjang medis lainnya  seperti UGD, laboratorium & farmasi yang beroperasi selama 24 jam . Dimana Fasilitas-fasilitas tersebut dihadirkan untuk menunjang pelayanan yang maksimal kepada pasien.
 

Editor : Ikawati

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut