get app
inews
Aa Read Next : Seminar Cyber Education Ungkap Peran Strategis Kecerdasan Buatan dalam Dunia Bisnis

Wakil Sekjen NATO Tekankan Pentingnya Inovasi Teknologi agar Bisa Kalahkan China

Sabtu, 05 November 2022 | 00:01 WIB
header img
Wakil Sekretaris Jenderal NATO menggarisbawahi pentingnya inovasi untuk keamanan. Foto: NATO

JAKARTA, iNewsDepok.id - Wakil Sekretaris Jenderal Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) Mircea Geoană menyampaikan pentingnya inovasi dalam sistem keamanan NATO dalam pidatonya saat menghadiri konferensi GoTech World 2022 pada Jumat (4/10/2022) pukul 09:48 pagi waktu Bukares, Romania.

Mengutip dari situs resmi NATO, Geoană menginginkan inovasi teknologi di masa yang akan datang harus mampu mengalahkan China, yang disebutnya tengah menginvestasi banyak dana di bidang-bidang seperti Kecerdasan Buatan. Ini, menurut Geoană, merupakan ambisi Presiden Xi Jinping untuk memenangkan negaranya untuk mengembangkan teknologi yang penting secara strategis.

“Beijing menginvestasikan banyak uang di bidang-bidang seperti Kecerdasan Buatan, dengan tujuan untuk mendominasi masa depan yang tidak terlalu lama. Ini bukan kompetisi yang jinak. Jika cita-cita otoriter menang, kebebasan kita sendiri akan dipertaruhkan. Kita semua memiliki tanggung jawab untuk tidak membiarkan itu terjadi,” katanya.

Untuk menghadapi tantangan tersebut, Geoană menegaskan bahwa keamanan NATO terkait dengan kemampuan mereka untuk berinovasi secara berbeda, bertanggung jawab, dan kooperatif.

1. Dukung para Inovator

Langkah pertama yang harus NATO lakukan adalah mendukung para inovator dari Akselerator Inovasi Pertahanan untuk Atlantik Utara (DIANA) dan Dana Inovasi NATO, baik secara birokrasi maupun finansial, agar dapat mengembangkan perusahaan yang sukses secara komersial sekaligus melayani kebutuhan keamanan.

Geoană juga menggarisbawahi pentingnya memperkuat upaya NATO di berbagai bidang teknologi utama, seperti kecerdasan buatan (AI), biotek, kuantum, dan luar angkasa.

“Kami sedang mengembangkan strategi yang meletakkan dasar bagi NATO tidak hanya untuk mempercepat inovasi, tetapi untuk melakukannya secara bertanggung jawab – mengikuti norma, aturan, dan peraturan demokrasi kami,” ujarnya.

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut